Trending
Melalui Pasanggiri, Jaipong Terus Dilestarikan di Jawa Barat

Melalui Pasanggiri, Jaipong Terus Dilestarikan di Jawa Barat

Jum'at, 11 Oktober 2019 17:13 Renaldi Jaelani Mice



Koropak.co.id - Tari Jaipong merupakan tarian tradisional yang berasal dari Jawa Barat, yang kian hari kian tak terdengar lagi gaungnya. Oleh sebab itu, di momentum HUT ke-18 Kota Tasikmalaya, Komunitas Pecinta Jaipongan Pawitra Tasikmalaya dan Forum Gerakan Cinta Produk Indonesia (FGCPI) menyelenggarakan Pentas Pasanggiri Jaipong yang dilaksanakan di Gedung Kesenian Tasikmalaya, Kamis (10/10/2019).

Dikonfirmasi Koropak, Jumat (11/10/2019) Ketua Pelaksana, Osah Naris Hariadi mengatakan Pasanggiri Jaipong digelar dengan skala Jawa Barat.

"Dari Pasanggiri Jaipong ini, kami dapat menyimpulkan bahwa jaipong masih diminati oleh sanggar-sanggar yang ada. Hal itu terbukti dari antusias sanggar yang sangat tinggi dalam mengikuti setiap pagelaran jaipong, termasuk kegiatan yang kami gelar," katanya.

Pasanggiri jaipong ini, ucap Osah, memperebutkan tropi bergilir H Yanto yang merupakan tokoh asal Tasikmalaya yang sangat peduli dengan budaya tradisional. Dengan dukungan dari komunitas serta H Yanto yang sangat peduli jaipong, membuat pasanggiri ini sukses digelar.

"Tidak hanya tropi, para juara pun mendapatkan uang pembinaan senilai Rp 10 Juta," katanya.

 

 

Koropak.co.id - Melalui Pasanggiri, Jaipong Terus Dilestarikan di Jawa Barat

 

Baca : Rangga Setra Borong Piala di Pasanggiri Rampak Jaipong

Osah berharap dengan digelarnya Pasanggiri Jaipong Tingkat Jawa Barat, dapat meningkatkan bakat dan minat generasi milenial untuk menggeluti jaipong sejak dini, sehingga jaipong tidak akan hilang atau bahkan diambil oleh negara lain.

''Tugas besar bagi para pegiat tari jaipong adalah bagaimana meningkatkan daya suka dari generasi milenial terhadap tari jaipong, mulai dari anak usia dini hingga remaja," ujar Osah.*

 

Baca pula : Yogya HZ Tasikmalaya Siap Gelar Lomba Tari Jaipong