Trending
Pameran Rupa, Ajang Pendalaman Kesenian di Kibar Budaya

Pameran Rupa, Ajang Pendalaman Kesenian di Kibar Budaya

Senin, 21 Oktober 2019 18:19 Erni Nur'aeni Mice



Koropak.co.id - Puluhan karya seni rupa dua dimensi dan tiga dimensi dipamerkan dalam Kibar Budaya Jilid 5 yang digelar Rumpun Seni Rupa Dewan Kesenian Kota Tasikmalaya (DKKT) di Nyalse Cafe & Gallery Jalan SL Tobing Nomor 4 Kota Tasikmalaya.

Di hari kedua pelaksanaan, Minggu (20/10/2019) antusias apresiator nampak semakin meningkat. Dikonfirmasi Koropak Senin (21/10/2019), Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Pemuda Olahraga Budaya dan Pariwisata Kota Tasikmalaya, Endang Rusmana mengaku sangat apresiasi pameran seni rupa tersebut sebab banyak perupa dari berbagai daerah yang turut memamerkan hasil karyanya di pameran tersebut.

"Banyak perupa dari berbagai daerah seperti Jakarta, Bandung, Garut, hingga Bogor. Tentu ini menjadi sebuah sinergi yang harus didukung oleh pemerintah karena yang ditampilkan tidak hanya hasil karya perupa pribumi, namun juga buah karya seniman luar kota," katanya.

Ditambahkan Endang, dengan penyelenggaraan yang tidak dikonsentrasikan di Gedung Kesenian, namun di tempat umum, semakin memudahkan apresiator, khususnya masyarakat umum menjangkau pameran.

"Mungkin kalau hanya dipamerkan di Gedung Kesenian, hanya beberapa orang saja yang datang dan mengapresiasi. Tetapi dengan digelar di tempat umum seperti ini, akan semakin banyak masyarakat yang menjangkau, dan semakin memudahkan masyarakat untuk mengapresiasi," katanya.

 

Koropak.co.id - Pameran Rupa, Ajang Pendalaman Kesenian di Kibar Budaya (1)

 

Baca pula : Yuk, Kunjungi Pameran Karya Perupa di Kibar Budaya Jilid 5

Dikatakan Endang, pameran tersebut dapat membawa misi untuk mengembangkan promosi karya perupa agar dapat berkembang dan lebih dikenal luas.

"Saya sudah menyampaikan kepada ketua penyelenggara untuk mengundang sekolah-sekolah yang ada di Kota Tasikmalaya agar dapat mengunjungi pameran tersebut. Sebab pameran tersebut dapat menjadi ajang pembelajaran kesenian bagi siswa," ujarnya.

Upaya pemerintah dalam memberikan apresiasi para seniman rupa, kata Endang, diaktualisasikan dengan akan dibangunkannya Gedung Kreatif yang berada di Kompleks Dadaha sehingga para seniman memiliki tempat yang representatif untuk mengembangkan hasil karyanya.

"Bukan mengenai kurangnya lahan untuk kesenian ini, namun kita akan mencoba memberikan apresiasi melalui Gedung Kreatif, " ucapnya.*

 

Baca : Dalam Kesenian, Kota Tasikmalaya Harus Punya Ciri Sendiri

Berita Terkait