Trending
Kibar Budaya Diwarnai Workshop Melukis Dengan Cat Air

Kibar Budaya Diwarnai Workshop Melukis Dengan Cat Air

Jum'at, 25 Oktober 2019 12:26 Erni Nur'aeni Mice



Koropak.co.id - Salah seorang seniman dari Kelompok Lukis Cat Air, Asep Wawan Setiawan mengisi materi dalam kegiatan Kibar Budaya Jilid 5 yang dilaksanakan oleh Rumpun Seni Rupa Dewan Kesenian Kota Tasikmalaya (DKKT), Kamis (24/10/2019). 

Asep memberikan pembelajaran tentang beberapa cara yang harus diperhatikan menggunakan cat air sebagai salah satu media lukis, mulai dari teknik pengaplikasian cat air pada kertas gambar khusus dan sifat cat air yang berbeda dengan cat minyak.

"Ada dua tekhnik dalam menggunakan cat air yaitu basah di atas basah dan basah diatas kering, sebagai seorang perupa juga harus mengetahui sifat cat air yang lebih transparan dibanding cat minyak yang saling menutup satu sama lainnya," kata Asep saat dikonfirmasi Koropak, Jumat (25/10/2019).

Untuk teknik basah di atas basah, kata Asep, teknik tersebut mengharuskan media kertas dibasahi air terlebih dahulu sebelum diberikan warna dasar yang terang sampai tua. Penerapan warnanya sampai tiga lapis. Dengan sifatnya yang transparan maka akan mudah dikoreksi jika terjadi kesalahan warna.

"Sebelum ke warna tua kita harus mengaplikasikan warna dasarnya dulu. Tujuannya agar memudahkan dalam pengkoreksian jika terjadi kesalahan dalam pewarnaan," katanya.

 

Koropak.co.id - Kibar Budaya Diwarnai Workshop Melukis Dengan Cat Air (2)

 

Baca : Yuk Kunjungi Pameran Karya Perupa di Kibar Budaya Jilid 2

Bagi pemula, kata Asep, baiknya menggunakan cat air tanpa harus mempertimbangkan merk, karena yang terpenting bukan merk catnya, namun bagaimana mengaplikasikan cat air ke dalam kertas.

Diakui Asep, dirinya memulai belajar melukis menggunakan cat air ketika masih duduk di bangku SMA, dan mulai mendalaminya sejak 2010.

"Jika dilihat di masa sekarang, para perupa lebih memilih cat air. Hal itu pula yang mendorong saya mendirikan Kelompok Lukis Cat Air Indonesia yang saat ini sudah memiliki cabang di berbagai daerah di Indonesia, termasuk Tasikmalaya. Kemudian saya juga tergabung dalam Internasional Watercolour Sosiecty bertarap International yang sering mengadakan perlombaan," ujarnya. *

 

Baca pula : Pameran Rupa Ajang Pendalaman Kesenian di Kibar Budaya


Penulis : Erni Nur'aeni

Berita Terkait