Trending
Inilah Saksi Bisu Sebelum Kapal Titanic Tenggelam

Inilah Saksi Bisu Sebelum Kapal Titanic Tenggelam

Jum'at, 25 Oktober 2019 17:40 Rizal Amirullah destinasi



Koropak.co.id - Siapa tidak tahu tentang Kapal Titanic? Kapal pesiar termewah yang ada di awal abad ke 19 ini sangat melegenda. Bahkan, kisahnya terus diperbincangkan dari masa ke masa. Kali ini, Koropak berkesempatan mengunjungi tempat yang sangat erat dengan hubungannya dengan Titanic, yaitu Cork Harbour.

Cork Harbour merupakan pelabuhan di daerah Cobh, Irlandia yang menjadi pelabuhan terakhir Kapal Titanic berlabuh dan menaikan penumpang sebelum tenggelam di Samudra Atlantik pada 15 April 1912 setelah menabrak sebuah gunung es pada pelayaran perdananya dari Southampton, Inggris ke New York City.

Cork Harbour dulunya bernama Queenstown, yang merupakan tempat yang sangat bersejarah di Irlandia dikarenakan pada tahun 1775 dan 1781 Cork Harbour digunakan sebagai pangkalan tentara Inggris dalam perang kemerdekaan Amerika.

 

Koropak.co.id - Inilah Saksi Bisu Sebelum Kapal Titanic Tenggelam (3)

 

Pelabuhan ini juga pernah dipakai pengiriman para tahanan ke Australia sekitar tahun 1791. Selanjutnya di tahun 1845 dan 1851, lebih dari 1,5 juta orang bermigrasi ke New York dan Boston melalui Cork Harbour.

Pada 11 April 1912, perusahaan perkapalan White Star Line memberangkatkan Kapal RMS Titanic dari Cork Harbour dengàn tujuan New York USA. Pelabuhan terakhir yang disinggahi Titanic adalah Southampton, Inggris.

Setelah berlayar 3 hari dari Cork Harbour, tepatnya pada 13 April 1912 pukul 22 40, Titanic dikabarkan menabrak bongkahan es yang menyerupai gunung besar yang mengakibatkan lambung kapal robek sehingga menyebabkan tidak berfungsinya ruangan kedap air.

 

Koropak.co.id - Inilah Saksi Bisu Sebelum Kapal Titanic Tenggelam (4)

 

Baca : Islandia, Negeri Tanpa Siang dan Malam Selama 4 Bulan

Tepat pada 14 April 1912 pukul 02.20 pagi RMS Titanic tenggelam. Captain Kapal Titanic EJ Smith percaya bahwa Kapal Titanic dilengkapi dengan kompartemen kedap air sehingga tidak mungkin bisa tenggelam.

Oleh sebab itu, saat Kapal Titanic berhadapan dengan bongkahan es, Captain EJ Smith memerintahkan untuk menambah kecepatan dan menabraknya. Sayang, lambung kapal berbobot 46.328 Grt dengan panjang 269 meter, lebar 28 meter, dan tinggi 53.3 meter itu bocor.

Diketahui Kapal Titanic mengangkut 2.435 penumpang dan 892 crew. Kala itu, Kapal Titanic mengangkut sejumlah orang kaya, salah satunya John Yacob Astor IV yang merupakan orang terkaya di Amerika.

Cerita tentang Kapal RMS Titanic begitu melegenda. Bahkan, kisah Kapal Titanic tersebut diriwayatkan dalam sebuah mahakarya film yang laris manis di Box Office Hoolywood.*

 

Baca pula : Amsterdam Berikan Sejuta Kenangan Tak Terlupakan