Trending
Sekar Nyandra Asmara Beri Warna Kibar Budaya Jilid 5

Sekar Nyandra Asmara Beri Warna Kibar Budaya Jilid 5

Senin, 28 Oktober 2019 14:28 Erni Nur'aeni Mice



Koropak.co.id - Sanggar Panghegar Tasikmalaya menjadi pembuka dalam ajang Sekar Nyandra Asmara yang dihelat oleh Rumpun Karawitan Dewan Kesenian Kota Tasikmalaya (DKKT) dalam agenda Kibar Budaya Jilid 5 di Gedung Kesenian Kota Tasikmalaya, Minggu (27/10/2019) malam.

Ketua Rumpun Karawitan, Deuis menuturkan Sekar Nyandra Asmara yaitu merupakan gejolak kawula muda yang dikemas dengan apik dan menceritakan tentang pemuda pemudi yang dilanda asmara dan dituangkan dalam sajian musik serta nyanyian.

Ditambahkan Deuis, tidak hanya berupa nyanyian serta musik kolaborasi modern dan tradisional yang ditampilkan, namun juga tarian-tarian tradisional yang menjadi bagian dalam cerita tersebut.

"Tadinya kita akan menyuguhkan gending karesmen namun karena kesiapan alat-alat yang minim sehingga kita suguhkan hanya melalui tarian. Akan tetapi hal itu tidak mengurangi esensi ceritanya, " ujarnya.

 

Koropak.co.id - Sekar Nyandra Asmara Beri Warna Kibar Budaya Jilid 5 (2)

 

Baca : Kibar Budaya Jilid 5, Rumpun Karawitan Hadirkan Sekar Nyandra Asmara

 

Deuis berpesan kepada generasi milenial saat ini, agar mencintai kesenian sendiri walaupun zaman sudah kekinian.

"Kita tetap mengayomi dan membimbing mereka, sebab tidak dimungkiri lagi saat ini begitu miris dan takut 'jati kasilih ku junti'. Jika tidak dibimbing, akan keluar dari tradisinya," katanya.

Deuis berharap ke depan musik tradisional dapat menjadi tuan rumah di negeri sendiri sehingga tidak terkikis oleh kebudayaan lainnya.

Pagelaran Sekar Nyandra Asmara pun ditutup dengan seni pertunjukan rakyat Bajidoran yang tumbuh serta berkembang di kawasan Pantai Utara Jawa Barat, seperti Subang dan Karawang, yang biasanya dipentaskan pada saat acara hajat seperti perkawinan, khitanan, kelahiran bayi, atau bahkan hajat panen bumi menyambut datang hujan.*

 

Baca pula : Kibar Budaya Diwarnai Workshop Melukis Dengan Cat Air

Berita Terkait