Trending
Produk Inovasi Bambu Dari Selaawi Garut Raih Penghargaan

Produk Inovasi Bambu Dari Selaawi Garut Raih Penghargaan

Selasa, 29 Oktober 2019 22:16 Dedi Sofwan Mice



Koropak.co.id - Dalam Kompetisi Inovasi Jawa Barat (KIJB) tahun 2019, Kecamatan Selaawi kembali harumkan nama Kabupaten Garut dengan meraih peringkat ke-5 berkat invosinya di bidang Pemberdayaan Masyarakat dengan produk inovasi Serat Bamboo.

Bertempat di Gedung Youth Center, Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Jawa Barat, Bandung, Senin (28/10/2018), Camat Selaawi, Ridwan Efendi secara langsung menerima penghargaan KIJB tersebut dari Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil.

Dikonfirmasi Koropak, Selasa (29/10/2019), Ridwan menuturkan Serat Bamboo merupakan inovasi peningkatan lingkungan, kerajinan dan pariwisata dengan memanfaatkan media bambu.

"Dengan adanya inovasi Serat Bamboo ini akan membangun pola pemberdayaan berbasis potensi unggulan lokal secara terpadu, menyeluruh, sistematis dan berkelanjutan dalam kawasan wilayah kecamatan," ucapnya.

 

Koropak.co.id -  Produk Inovasi Bambu Dari Selaawi Garut Raih Penghargaan (2)

 

Baca : Tasikmalaya Pusat Kerajinan

Dengan inovasi tersebut, Ridwan berharap potensi Sumber Daya Alam (SDA) dan Sumber Daya Manusia (SDM) dapat lebih optimal, sehingga mampu meningkatkan daya saing ekonomi kawasan.

Diterangkan Ridwan, dalam ajang KIJB tahun 2019, pihaknya menampilkan berbagai produk berbahan dasar bambu, seperti alat musik Celentung. Adapula perkakas rumah tangga berbahan anyaman dan koiling bambu.

"Semoga pencapaian ini bisa menjadi pintu gerbang agar ke depan hasil produk Kecamatan Selaawi berbahan bambu ini, bisa dikenal tidak hanya di Jawa Barat tapi bisa go internasional," ujarnya.*

 

Baca pula : Kemendikbud Tunjuk Desa Salawu Ujung Tombak Budaya