Trending
Ngopi Bareng, Ajang Diskusi Generasi Sepuh dan Muda Kawali

Ngopi Bareng, Ajang Diskusi Generasi Sepuh dan Muda Kawali

Kamis, 31 Oktober 2019 16:08 Rizal Amirullah Komunitas



Koropak.co.id - Pemuda-pemudi Kawali, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat memberikan inspirasi dengan kegiatan "Ngopi Bareng" yang dijadikan wadah sharing dan diskusi antara pemuda dan sesepuh Kawali Ciamis dalam mengupas permasalahan-permasalahan terkini.

Saat berbincang bersama Koropak, Kamis (31/10/2019), Ketua Karang Taruna Desa Kawali, Yogi menuturkan acara Ngopi Bareng digagas untuk menambah wawasan para pemuda dengan menyerap pengalaman dari para sesepuh.

"Banyak ilmu yang diserap dengan sering bercengkrama bersama para sesepuh. Jelas itu memperkaya wawasan para pemuda untuk memikirkan permasalahan yang tengah terjadi," katanya.

Dijelaskan Yogi, dalam aktivitasnya, pemuda pemudi Kawali sering menjadi panitia dalam sebuah even. Seiring berjalan waktu, dengan adanya sumbangsih saran dan masukan dari para sesepuh, struktur manajemen kepemudaan Kawali pun kian tambah solid.

"Dalam pelaksanaan program kepemudaan, dari segi keuangannya memang selalu didukung para sesepuh. Namun para pemuda pemudi Dusun Kawali lebih memilih untuk menjadi Karang Taruna Mandiri," kata Yogi.

Mandiri, kata Yogi, dengan cara mengoptimalkan link usaha sesama para pemuda yang sudah mempunyai bisnis. Bahkan sekarang sedang merencanakan tempat permanen untuk lokasi usaha para pemuda, sentra aktivitas ekonomi para pemuda.

 

Koropak.co.id - Ngopi Bareng, Ajang Diskusi Generasi Sepuh dan Muda Kawali (2)

 

Baca : Sambut Hari Jadi Ciamis, Bupati Gelar Ngopi Bareng

Sesepuh Pemuda Pemudi Dusun Kawali Endang Holis.S.Ag menuturkan kegiatan Ngopi Bareng digagas untuk menjadi wahana sharing antara sesepuh dan pemuda.

"Ada istilah sejuta makna di secangkir kopi. Dengan Ngopi Bareng ini akan menjadi ajang bertukar ide, pikiran, dan gagasan antara generasi sepuh dan generasi muda. Bahkan bukan tidak mungkin setiap ajang Ngopi Bareng kita akan hadirkan tokoh-tokoh yang bisa membagikan pengalamannya sebagai inspirasi dan motivasi bagi para pemuda," katanya.

Sebagai penggagas Ngopi Bareng, Endang menuturkan ajang Ngopi Bareng ke depan akan dijadikan sebagai agenda rutin bulanan.

"Dari Ngopi Bareng ini pula, saat ini tercetus program pengajian rutin dan sholat berjamaah Magrib dan Subuh," tuturnya.*

 

Baca pula : Hari Jadi Ciamis, Spirit Kemantapan Ekonomi