Trending
Disparpora Gelar Pasanggiri Mojang Jajaka Sukapura

Disparpora Gelar Pasanggiri Mojang Jajaka Sukapura

Kamis, 05 Desember 2019 16:27 D. Farhan Kamil Mice


 

Koropak.co.id - Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Tasikmalaya menggelar malam grand final Pasanggiri Mojang Jajaka Sukapura Kabupaten Tasikmalaya 2019, di Gedung Paripurna DPRD Kabupaten Tasikmalaya, Rabu (4/12/2019).

Acara yang dibuka oleh Asisten bidang Pembangunan dan Perekonomian Setda Kabupaten Tasikmalaya, H. Heri Bimantoro Ruslan mewakili Bupati Tasikmalaya itu, melibatkan 30 orang peserta (patandang) terdiri dari 15 mojang dan 15 jajaka dari 15 kecamatan.

Kepala Disparpora Kabupaten Tasikmalaya, Ir. H. Safari Agustin, MP mengatakan, ke-30 patandang tersebut adalah mereka yang terpilih dari beberapa tahapan penjaringan secara ketat yang dilakukan sejak bulan September 2019 lalu.

"Kita buka pendaftaran pada bulan Juni lalu dengan jumlah pendaftar sebanyak 110 orang, terdiri dari 35 jajaka dan 75 mojang, mewakili masing-masing kecamatan di Kabupaten Tasikmalaya. Setelah melewati proses seleksi dan masa karantina, 30 peserta lolos dan masuk ke tahapan final," kata Safari.

 

Koropak.co.id - Disparpora Gelar Pasanggiri Mojang Jajaka Sukapura (1)

 

Lihat : Kembangkan Pariwisata Galunggung Bertransformasi Menuju Geopark Nasional


Para finalis ini telah mengikuti sesi penilaian ataupun penjurian dari berbagai aspek, mulai dari pengetahuan umum, kemampuan bahasa asing dan berbagai potensi diri lainnya.

Menurutnya, Moka Sukapura ini merupakan sebuah proses regenerasi budaya antar generasi. Di samping itu juga sebagai ajang pemilihan putra putri terbaik sebagai sosok motivator yang memiliki visi dan misi memelihara atau melestarikan nilai-nilai seni budaya (kearifan lokal).

"Seluruh Moka ini diharapkan menjadi generasi muda yang unggul dan berprestasi, khususnya dalam membantu pemerintah untuk mengembangkan kepariwisataan Kabupaten Tasikmalaya dengan tetap menjunjung tinggi nilai-nilai kearifan lokal. Moka Sukapura tahun ini harus menjadi sosok yang jembar pangabisa, sugih ku pangarti," tuturnya.

Di samping itu juga, Moka Sukapura ini mampu mendukung salah satu program prioritas Pemkab Tasikmalaya yakni, siap berdaya saing dalam bidang agribisnis pariwisata, UMKM dan ekonomi kreatif.*

 

Baca pula : Minim Anggaran, Grand Final Moka Sukapura 2019 Gunakan Gedung DPRD

 

Berita Terkait