Trending
Regenerasi Dalang dan Pelestarian Wayang Sangat Diperlukan

Regenerasi Dalang dan Pelestarian Wayang Sangat Diperlukan

Kamis, 05 Desember 2019 20:19 Erni Nur'aeni Mice



Koropak.co. id - Gedung Kesenian Kota Tasikmalaya, pada Kamis (5/12/2019) dibanjiri para pelajar yang menonton pagelaran wayang golek dalam kegiatan Kibar Budaya Jilid 5 dalam yang dilaksanakan oleh Rumpun Padalangan Dewan Kesenian Kota Tasikmalaya (DKKT).

Dijumpai Koropak selepas pementasan, Ketua Rumpun Padalangan DKKT Utep Hartono S.Sn mengatakan pagelaran yang dilaksanakan merupakan pertunjukan wayang golek klasik atau murni dan dijadikan sebagai ajang edukasi bagi pelajar, terhadap kaidah-kaidah pewayangan.

"Jangan sampai mereka hanya sekedar menonton namun harus mengetahui dari segi isi pertunjukannya karena termasuk dalam Kegiatan Belajar Mengajar (KBM)," ujarnya.

Digelarnya pementasan pewayangan, ucap Utep, menjadi satu tujuan untuk bersama mengembangkan seni wayang golek dan program lanjutannya yaitu untuk mengaudisi para dalang khususnya di Kota Tasikmalaya.

"Kemudian nantinya ada pembinaan pengenalan terhadap siswa dan siswi Kami berharap materi-materi wayang golek dapat dimuat dalam pelajaran Bahasa Sunda. Sebab dalam pengenalannya tidak cukup melalui sebuah pagelaran," ujarnya.

 

Koropak.co.id - Regenerasi Dalang dan Pelestarian Wayang Sangat Diperlukan 2

 

Baca : Wayang Golek Seni Buhun Dengan Riwayat Syiar Islam

Utep juga berharap, melalui upaya-upaya yang dilakukan DKKT, wayang dapat eksis kembali serta dukungan pemerintah tidak setengah-setengah sebab upaya untuk membangkitkanya perlu kerjasama antara seniman dan pemerintah.

"Untuk membangkitkan kembali wayang golek tentu harus dilakukan secara bersama-sama. Wayang golek merupakan salah satu warisan budaya yang harus dilestarikan tidak hanya dari nilai-nilainya saja, namun juga kearifan budayanya juga harus dikomunikasikan," kata Utep.

Ditambahkan Utep, dewasa ini muncul dalang-dalang cilik yang menjadi gambaran potensi regenerasi pewayangan yang perlu dikembangkan.

"Karena image Kota Tasikmalaya sendiri terdapat pada para senimannya, sehingga jika seniman mampu mencapai kelestarian seni wayang golek, maka Kota Tasikmalaya akan dipandang memiliki nilai lebih oleh kota lain," katanya.*

 

Baca : Generasi Milenial Harus Mampu Lanjutkan Warisan Padalangan

 

 

Berita Terkait