Trending
Generasi Milenial Harus Mampu Lanjutkan Warisan Padalangan

Generasi Milenial Harus Mampu Lanjutkan Warisan Padalangan

Kamis, 05 Desember 2019 21:29 Roki Sabirin Mice



Koropak.co.id - Rumpun Padalangan Dewan Kesenian Kota Tasikmalaya menggelar Pementasan Wayang Golek dalam rangkaian kegiatan Kibar Budaya Jilid 5 di Gedung Kesenian Kota Tasikmalaya Kamis (5/12/2019).

Dijumpai Koropak selepas pementasan, Asep Gunawan Wibiksana menuturkan dari pementasan wayang tersebut menggambarkan bahwa sebagai masyarakat yang cinta budaya dalam negeri, mesti bisa melestarikan budaya sendiri, terutama bagi para kaum muda agar tidak terbawa arus budaya luar.

"Kita tidak boleh melupakan budaya sendiri apalagi sampai budaya kita tergeser dan tergusur oleh budaya luar. Terkadang sekarang para kaum muda lebih suka mengadopsi budaya luar legeri, sedangkan budayanya sendiri tidak kenal atau tidak cinta," ujar Asep.

 

 

Koropak.co.id - Generasi Milenial Harus Mampu Lanjutkan Warisan Padalangan (1)

 

Ditambahkan Asep, pewayangan zaman dulu dan sekarang jelas berbeda, baik dari segi alat maupun isi cerita yang disampaikan para dalang. Diperparah dengan minimnya orang yang berminat terhadap pedalangan dikhawatirkan akan menyebabkan pedalangan punah.

"Wayang zaman sekarang sudah sangat berbeda. Dilihat dari segi alatnya saja sudah berbeda, tidak selengkap dulu. Termasuk pula isi yang disampaikan oleh dalang juga beda jauh, dulu lebih kepada penyampain visi misi pemerintah, kalau dilihat zaman sekarang yang diinginkan audience adalah sebuah hiburan atau candaan." ujarnya.

Asep mengharapkan masyarakat yang memiliki kecintaan terhadap kebudayaan khususnya pewayangan untuk bisa bersama-sama memajukan dan mempertahankan budaya pewayangan agar tidak sampai punah dan tergeser budaya asing.*

 

Baca pula : Wayang Golek Seni Buhun Dengan Riwayat Syiar Islam

 

Berita Terkait