Trending
Antusiasme Tinggi! Pasanggiri Jaipong Diikuti 98 Peserta

Antusiasme Tinggi! Pasanggiri Jaipong Diikuti 98 Peserta

Sabtu, 28 Desember 2019 23:30 Erni Nur'aeni Tradisi


 

Koropak.co.id - Sebanyak 98 peserta mengikuti Pasanggiri Jaipong yang dilaksanakan oleh Tradisional Sunda Wira Prawitra dalam gelaran Pesta Rakyat 2019 yang bertempat di Lapangan Dadaha Kota Tasikmalaya, Sabtu (28/12/2019).

Ketua Pelaksana Pasanggiri Jaipong, Osah mengatakan Pasanggiri Jaipong kali ini merupakan kali ketiga digelar dengan tujuan ngamumule seni tari tradisional.

"Tari tradisional ini tidak boleh sampai hilang, apalagi hanya karena tidak ada regenerasi akibat para penerus sibuk dengan gawai daripada menyenangi kesenian daerah," katanya.

Adapun peserta yang mengikuti kegiatan tersebut tidak hanya berasal dari Kota Tasikmalaya, namun juga turut serta dari daerah lain seperti Garut, Majalengka, hingga Bandung.

"Alhamdulillah, antusiasnya sangat tinggi. Ini menunjukan bahwa peminat tari Jaipong masih sangat tinggi. Kami optimis bahwa regenerasi penari Jaipong bisa terlaksana," katanya.

 

Koropak.co.id - Antusiasme Tinggi! Pasanggiri Jaipong Diikuti 98 Peserta (2)

 

Baca : Pasanggiri Tari Jaipong Pertandingkan 12 Group

Pasanggiri Jaipong, kata Osah, dibuka untuk berbagai kategori, yakni tunggal SD, tunggal umum, rampak SD dan rampak umum yang dilaksanakan selama dua hari, hingga Minggu (29/12/2019) besok.

"Kami menghadirkan dewan juri yang merupakan profesional di bidang tari Jaipong. Kami berharap kegiatan seperti ini dapat terus dilaksanakan sebagai upaya menyadarkan generasi muda agar tidak melupakan budaya sendiri," katanya.*

 

Baca pula : Melalui Pasanggiri Jaipong Terus Dilestarikan di Jawa Barat