Trending
Sejak 2000, Anggota Oi Tasikmalaya Capai 4.000 Orang

Sejak 2000, Anggota Oi Tasikmalaya Capai 4.000 Orang

Sabtu, 18 Januari 2020 18:54 Eris Kuswara Komunitas



Koropak.co.id - Sebagai ungkapan rasa syukur Milangkala Oi Zig Zag Tasikmalaya Ke-18, Dewan Pengurus Kota OI Tasikmalaya menggelar kegiatan aksi sosial dan sosialisasi donor darah yang dilaksanakan di Gor Kelurahan Indihiang Kota Tasikmalaya, Sabtu (18/1/2020).

Kegiatan tersebut turut dihadiri Pembina OI Tasikmalaya Ashmansyah Timutiah, Ketua Badan Pengurus Kota (BPK) OI Tasikmalaya Ical Si Mata Api, Relawan Thalasemia Oos dan perwakilan Unit Transfusi Darah (UTD) RSUD Dr Soekardjo Tasikmalaya Rina Suhartini.

Dijumpai Koropak selepas kegiatan, Ketua Pelaksana sekaligus Ketua Oi Zig Zag Tasikmalaya, Iwan Ridwan mengatakan, tujuan diadakannya baksos di milangkala Oi Zig Zag Tasikmalaya adalah sebagai ungkapan rasa syukur atas eksistensi Oi Zig Zag Tasikmalaya di usia 18 tahun.

"Sebelumnya kita sering mengadakan kegiatan sosial di setiap milangkala yang digelar di gunung, kemudian bersih-bersih masjid. Namun untuk sekarang, ada permintaan dari anggota untuk mengadakan kegiatan donor darah dan Alhamdulillah bisa terealisasi," kata Iwan.

 

Koropak.co.id - Sejak 2000, Anggota Oi Tasikmalaya Capai 4000 Orang (1)

 

Baca : Oi Zig Zag Tasikmalaya Rayakan Milangkala Dengan Baksos

 

Ditambahkan Iwan, kegiatan ini secara spontan dilaksanakan, namun Oi Tasikmalaya juga setiap 3 bulan sekali mengadakan kegiatan donor darah di basecamp yang nantinya darah yang didonorkan diserahkan ke UTD PMI Tasikmalaya.

"Dikarenakan saya diberikan kepercayaan oleh para relawan, maka saya berkomitmen untuk pendonor dan keluarga pasien tidak dipertemukan untuk menghindari adanya praktik jual beli darah. Selain donor darah, kami juga mengadakan acara lainnya seperti hajat Zig Zag serta pentas seni dan budaya," ucapnya.

Iwan menjelaskan, sejak tahun 2000, Oi Tasikmalaya memiliki keanggotaan mencapai lebih dari 4.000 orang, namun dikarenakan ada yang sudah berkeluarga, hingga pindah tempat tinggal maka anggota yang aktif saat ini dibagi menjadi 7 kelompok yang tersebar di masing-masing Kecamatan yang ada di Kota Tasikmalaya dan dinaungi ruang lingkup BPK Oi Tasikmalaya.

"Sebenarnya sejak tahun 2008, Oi Tasikmalaya sudah menyentuh gerakan save thalasemia dan hingga saat ini setiap anggotanya sudah berkesinambungan. Bahkan Oi Zig Zag Tasikmalaya juga memiliki pendonor relawan sebanyak 70 orang dari semua golongan darah, termasuk golongan darah langka yakni AB sebanyak 3 orang," ujarnya.*

 

Baca : Mari Selamatkan Penderita Thalassemia Melalui Donor Darah

Berita Terkait