Trending
Damas Mitra Strategis Pemerintah Dalam Memajukan Seni dan Budaya

Damas Mitra Strategis Pemerintah Dalam Memajukan Seni dan Budaya

Minggu, 19 Januari 2020 15:27 Eris Kuswara Komunitas


 

Koropak.co.id - Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata (Disporabudpar) Kota Tasikmalaya, Hadian mengapresiasi kegiatan Pangistrenan Damas XII Tahun Anggaran 2020-2022 dan Kadamas I Tahun Anggaran 2019-2023 Cabang Tasikmalaya yang digelar di Gedung Gelanggang Muda (GGM) Jalan Dadaha Nomor 18 Kota Tasikmalaya, Sabtu (18/1/2020).

"Pemerintah Kota Tasikmalaya, dalam hal ini Disporabudpar Kota Tasikmalaya merasa bangga dengan telah dilantiknya atau pangistrenan pengurus baru Damas dan Kadamas Cabang Tasikmalaya yang tiada lain adalah mitra dari pemerintah Kota Tasikmalaya dalam hal budaya," kata Hadian.

Dikatakan Hadian, Damas adalah organisasi mahasiswa. Sedangkan mahasiswa merupakan kaum intelektual. Oleh karena itu, pemerintah menantang agar Damas dan Kadamas Cabang Tasikmalaya bisa menghadirkan beberapa program kerja yang ditunggu oleh masyarakat.

"Kami mengajak Damas dan Kadamas sebagai mitra pemerintah, harus bisa menciptakan program yang benar-benar satu arah tentang kebudayaan. Kami juga menunggu bagaimana program kerja dari Damas dan Kadamas yang bisa melestarikan dan menggali nilai-nilai tradisional atau nilai budaya tradisi yang ada di Kota Tasikmalaya," ucapnya.

 

Koropak.co.id - Damas Mitra Strategis Pemerintah Dalam Memajukan Seni dan Budaya (2)

 

 

Baca : Damas Cabang Tasikmalaya Lantik Pengurus Baru Periode 2019 - 2023

 

Sementara itu, Ketua Pengurus Puseur Kadamas Jawa Barat, Hendi Kuncara Gurnita menuturkan dengan dilantiknya pengurus baru maka Damas dan Kadamas memiliki tantangan yang baru pula. Secara otomatis Kadamas harus melanjutkan cita-cita Damas dalam memajukan seni dan budaya sunda.

"Kalau kita cermati saat ini, masyarakat banyak yang berpegang teguh pada mitos, sehingga mitos inilah yang harus didobrak. Oleh karena itu, kami akan membaginya kedalam 3 era yaitu era keberagaman, era pemulihan dan era pencerahan," tutur Hendi.

Hendi mengaku bersyukur, di Unpad sudah membuat pusat digital sunda yang pemrakarsanya merupakan Ketua Kadamas sebelumnya yakni Ganjar Kurnia.

"Kami berharap untuk Damas Kota Tasikmalaya, programnya harus lebih nyata," katanya.*

 

Baca : Damas Siap Gelorakan Kembali, Cinta Generasi Muda Akan Seni dan Budaya

 

 

Berita Terkait