Trending
Legenda Situ Bagendit

Legenda Situ Bagendit

Kamis, 15 Februari 2018 12:01 Kemala Adiyatma Legenda


Kisah Nyai Endit yang Pelit

 

Koropak.co.id- Situ Bagendit merupakan salah satu danau yang ada di daerah Jawa Barat. Danau tersebut cukup luas dan dijadikan sebagai salah satu sumber air untuk memenuhi kehidupan masyarakat di sekitar. Berdasarkan para pendahulu dan ahli sejarah, Situ Bagendit diambil dari nama seorang wanita tua yang bernama Bagendit. Konon katanya, hiduplah seorang wanita paruh baya bernama Bagendit yang berstatus janda. Janda tersebut memiliki harta yang melimpah peninggalan dari almarhum suaminya yang telah lebih dahulu meninggalkannya.

Kekayaan yang ia miliki sering kali menjadi kekhawatiran bahwa hartanya akan habis dan ia akan jatuh miskin. Oleh karena ketakutan tersebut, Bagendit menjadi wanita yang pelit padahal ia adalah orang yang paling kaya di antara warga desa lainnya. Selain pelit, Bagendit juga merupakan sosok yang tidak ramah kepada orang lain. Akhirnya, karena ulahnya Bagendit tenggelam karena air bah beserta hartanya sehingga terbentuklah Situ Bagendit.

 

 

Legenda Situ Bagendit

 

Bagendit sekarang sangat berbeda dengan Bagendit zaman dulu, Jika dulu Situ Bagendit apa adanya, berkat dikelola oleh pemerintah setempat maka Situ Bagendit sudah menjadi tempat wisata yang sangat mengasyikan, macam macam permainan sudah ada disitu Bagendit, seperti bermain kereta mini, berlayar menggunakan rakit bambu, terdapat jualan cindera mata khas buatan Garut, seperti Batu Akik asli Tidak hanya itu menyediakan juga kuliner, dodol, Chocodot kelapa muda hijau dan sebagainya dari Garut.

Aksesiblitas menuju kawasan objek wisata ini cukup bagus dan dapat dengan mudah dilalui oleh kendaraan roda 2 maupun roda 4. Bagi pengunjung yang menggunakan jasa angkutan umum bisa dengan mudah mengunjungi tempat ini karena tersedia angkutan umum dari terminal Garut Kota jurusan Leuwigoong.*