Trending
Teknik Mudah Membuat Kopi Saat Berpetualang Di Alam Bebas

Teknik Mudah Membuat Kopi Saat Berpetualang Di Alam Bebas

Rabu, 26 Februari 2020 16:45 Dede Hadiyana TravelTips



Koropak.co.id - Menikmati pemandangan alam yang indah disertai udara yang sejuk, tentunya sangat tepat jika ditemani secangkir kopi. Selain dapat menenangkan pikiran, aktivitas di alam bebas ini juga bisa menciptakan inspirasi yang mungkin menjadi alasan mengapa banyak orang tertarik menikmati kopi saat berkemah atau berpetualang di alam terbuka.

Namun, bagaimana cara mudah untuk membuat secangkir kopi saat berkemah atau berpetualang di alam terbuka dengan perlengkapan yang terbatas. Berikut Koropak telah menyiapkan teknik membuat kopi saat berpetualang di alam bebas.

1. Turkish Coffee
Teknik Turkish Coffee atau kopi Turki ini sangat cocok diterapkan untuk membuat secangkir kopi saat berada dialam bebas. Cukup memasak kopi diatas bara api sisa pembakaran api unggun semalam. Walaupun prosesnya memakan waktu cukup lama sekitar 20 menit karena melibatkan bahan bara api, namun tidak perlu repot lagi dengan barang tambahan dan menikmati secangkir kopi bersama panorama pagi akan semakin terasa.

 

2. Moka express pot
Teknik Moka Express Pot ini biasanya diterapkan bagi mereka para penggemar kopi espresso. Prosesnya memang tidak cukup sederhana karena harus menyiapkan berbagai peralatan pendukung seperti penggilingan biji kopi ditambah sumber panas guna memaksimalkan kenikmatan kopi dan semangat menjelajahi keindahan alam disekitar lokasi camping.

 

Baca : Kopi Lokal Menembus Pasar Global


3. AeroPress
Seperti namanya, teknik racikan kopi ini melibatkan alat khusus yakni AeroPress yang ringan dan menggiling biji kopi atau menggunakan biji kopi pre-ground. Praktisnya, kalian cukup memasak air terlebih dahulu karena proses perebusan air menjadi hal yang cukup sulit.

 

4. French press
Mungkin teknik pembuatan kopi ini kurang begitu akrab, namun bisa diterapkan bagi para penggiat alam bebas. Banyak orang mengatakan bahwa teknik ini masuk kedalam metode Brewing dengan menyiapkan lebih sedikit bahan-bahan dan mudah dicari. Cukup dengan bubuk kopi kasar dan air panas, kalian bisa menikmati kopi pagi dialam bebas.

 

5. Kopi instan
Hampir semua ahli kopi tidak merekomendasikan kopi instan tradisional kepada semua orang karena dianggap memiliki reputasi buruk. Namun seiring perkembangan zaman, anggapan tersebut perlahan luntur seiring dengan banyaknya masyarakat yang tertarik untuk menikmatinya.*

 

Baca pula : Industri Kopi Semakin Tumbuh Dengan Menjamurnya Kedai Kopi