Trending
Persiapkan Bakti Sosial Bersihkan Menara Masjid, TCC Gelar Latber Vertical

Persiapkan Bakti Sosial Bersihkan Menara Masjid, TCC Gelar Latber Vertical

Sabtu, 25 Juli 2020 15:21 Dede Hadiyana Komunitas



Koropak.co.id - Sebelum melaksanakan kegiatan bakti sosial bersih-bersih atap menara masjid di wilayah Kota dan Kabupaten Tasikmalaya, Tasikmalaya Caving Community (TCC) menggelar Latihan Bersama (Latber) Vertical yang berlangsung di Markas Komando Pemadam Kebakaran Kota Tasikmalaya, Sabtu (25/7/2020).

Kegiatan yang akan berlangsung selama dua hari tersebut, diikuti oleh 50 orang peserta dari berbagai instansi dan komunitas yang bergerak di bidang Vertical Rescue diantaranya, Relawan Damkar Kota Tasikmalaya, BPBD Kota dan Kabupaten Tasikmalaya, TAGANA Kota dan Kabupaten Tasikmalaya, PMI Kota Tasikmalaya, termasuk organisasi dan komunitas Pecinta Alam di Tasikmalaya, Ciamis, dan Garut.

Kegiatan yang akan berlangsung selama dua hari tersebut, diikuti oleh 50 orang peserta dari berbagai instansi dan komunitas yang bergerak di bidang Vertical Rescue di antaranya, Relawan Damkar Kota Tasikmalaya, BPBD Kota dan Kabupaten Tasikmalaya, TAGANA Kota dan Kabupaten Tasikmalaya, PMI Kota Tasikmalaya, termasuk organisasi dan komunitas Pecinta Alam di Tasikmalaya, Ciamis, dan Garut.

 

(Mapala STT Garut terjatuh ke Gua Batu Badak Tasikmalaya)

 

Dijumpai Koropak di sela-sela kegiatan, Ketua Pelaksana Latber Vertical Cepi Sandar Wijaya mengatakan, tujuan dari Latber Vertical ini untuk menyamakan persepsi terkait teknik-teknik yang akan digunakan untuk kegiatan baksos kedepan.

"Tujuan utamanya yang pasti silaturahmi. Sebelum praktek di lapangan, hari pertama ini kita diskusi terlebih dahulu terkait teknik yang akan digunakan bersama enam narasumber yakni dari Basarnas, BPBD, Komunitas Caving, FPTI, Asosiasi Rope Access Indonesia (ARAI), dan juga dari K3. Dan untuk hari besok akan full praktik dari hasil diskusi hari ini," ujarnya.

 

Persiapkan Bakti Sosial Bersihkan Menara Masjid, TCC Gelar Latber Vertical

 

(Marak korban atuh ke jurang LJSK gelar simulasi evakuasi)

 

Dalam kesempatan tersebut, pihaknya menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat atas terselenggaranya kegiatan Latber Vertical ini dan mudah-mudahan bisa berjalan dengan lancar hingga akhir kegiatan besok.

"Kami berharap, kegiatan ini bisa berkelanjutan untuk terus menggali potensi Sumber Daya Manusia (SDM) rescue dalam bidang vertical kedepannya, baik untuk kegiatan di masing-masing organisasi dan pekerjaan," ucap pria yang akrab disapa Gantar.

 

(Pelatihan Water Rescue asah penanganan darurat bencana)

 

Hal senada disampaikan Sekretaris Jendral (Sekjen) Tasikmalaya Caving Community (TCC) Rudiana bahwa disamping silaturahmi, tujuan digelarnya Latber Vertical ini adalah untuk mengakordinir potensi-potensi SDM yang ada terkait kegiatan vertical di Tasikmalaya.

"Peserta yang terlibat ini merupakan mereka yang sering berkegiatan di bidang vertical seperti Caving dan Climbing termasuk rescue-nya seperti Basarnas dan BPBD yang juga bergerak di bidang vertical untuk penanganan medan yang sulit," katanya kepada Koropak.*

 

(Usai digeledah KPK, Balekota Tasikmalaya diguncang gempa)

Berita Terkait