Trending
Besok 1 Muharram 1442 Hijriah, Ini Keistimewaan Tahun Baru Islam

Besok 1 Muharram 1442 Hijriah, Ini Keistimewaan Tahun Baru Islam

Rabu, 19 Agustus 2020 16:28 Eris Kuswara Tradisi


 

Koropak.co.id - Tahun Baru Islam 1 Muharram 1442 Hijriah yang jatuh pada Kamis besok (20/8/2020) tentunya membuat Umat Islam berbondong-bondong dan berlomba-lomba dalam kebaikan dengan berusaha mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Doa dan berbagai amalan istimewa yang bisa ditunaikan di akhir tahun, hingga menyambut tahun baru. Terlebih lagi, jika dilihat keutamaannya, bulan Muharram ini merupakan bulan yang suci dan dimuliakan oleh Allah SWT.

Sehingga demi memperoleh kebaikan dan pahala selama satu tahun ke depan, alangkah baiknya menyambut tahun baru Islam ini dengan mengerjakan berbagai amalan.

Untuk menyambut tahun baru Islam, terdapat tiga versi doa menyambut yang dianjurkan untuk dibaca pada sore hari. Sebagai hari terakhir bulan dZulhijjah. Dirangkum dari kitab Maslakul Akhyar menyebutkan bahwa doa awal bulan Muharram dibaca sebanyak tiga kali.

 

Baca : Inilah Tradisi Perayaan Tahun Baru Islam di Berbagai Daerah di Indonesia

 

Untuk doa awal tahun tersebut yang artinya "Tuhanku, Kau yang Abadi, Qadim, dan Awal. Dan atas karunia-Mu yang besar dan mulia kemurahan-Mu, Kau menjadi pintu harapan. Tahun baru ini sudah tiba. Aku berlindung kepada-Mu dari bujukan Iblis dan para walinya di tahun ini. Aku pun meminta tolong-Mu dalam mengatasi nafsu yang kerap mendorongku berlaku jahat. Kepada-Mu, aku meminta aktivitas keseharian yang mendekatkanku pada rahmat-Mu. Wahai Tuhan Pemilik Kebesaran dan Kemuliaan."

Alangkah baiknya doa tersebut dibaca setelah salat Maghrib pada malam pertama bulan Muharram dengan mengharapkan semoga diringankan langkahnya menuju kebaikan dunia dan akhirat selama satu tahun ke depan.

 

Baca : Tahun Baru Hijriah, Ini Sejarah Awal Mulanya Penetapan Tahun Baru Islam

 

Sedangkan untuk doa akhir tahun yang artinya "Ya Allah sungguh Aku memohon ampunan kepadamu dari amal itu, maka ampunilah diriku. Ya Allah, dan amal yang telah aku lakukan yang Engkau ridhai dan Engkau janjikan pahala dan ampunan atasnya, maka terimalah amal itu dariku. Jangan engkau putus harapanku kepada-Mu, wahai Zat Yang Maha Mulia, wahai Zat Yang Paling Maha pengasih dari para kekasih. Semoga Allah Ta’ala melimpahkan shalawat dan keselamatan kepada Sayyidina Muhammad, keluarga, dan para sahabatnya."*

 

Baca : Ini Rekomendasi Ucapan Selamat Tahun Baru Islam 1442 Hijriah

 

Berita Terkait