Trending
1 Muharram, Ini Sejarah Awal Mulanya Penetapan Tahun Baru Islam

1 Muharram, Ini Sejarah Awal Mulanya Penetapan Tahun Baru Islam

Rabu, 19 Agustus 2020 18:17 Eris Kuswara Tradisi



Koropak.co.id - Tahun baru Islam yang jatuh setiap 1 Muharram, menjadi penanda dari peristiwa bersejarah bagi Umat Islam yakni peristiwa hijrahnya Nabi Muhammad SAW dari MeKkah ke Madinah pada tahun 622 Masehi.

Penetapan bulan Muharram sebagai awal Tahun Baru Islam dalam kalender Hijriyah juga, merupakan hasil dari musyawarah para sahabat Nabi Muhammad SAW kala itu.

Kemudian, untuk sejarah tahun baru Islam sendiri bermula ketika umat Islam mengalami kesulitan dalam menentukan awal tahun. Sehingga, para sahabat Nabi Muhammad seperti Utsman bin Affan, Ali bin Abi Thalib, dan Thalhan bin Ubaidillah berkumpul untuk menentukan kalender Islam.

Dalam perkumpulan tersebut, para sahabat nabi ini saling menyuarakan usulnya. Dan diantara usulan tersebut, terdapat salah satu pendapat yang mengatakan bahwa penanggalan Islam dihitung dari peristiwa penyerangan Abrahah terhadap Ka'bah yang dikenal dengan Tahun Gajah (Amul Fiil).

 

Baca : Besok 1 Muharram 1442 Hijriah, Ini Keistimewaan Tahun Baru Islam

 

Selain itu, ada juga yang menyarankan jika penanggalan Islam dihitung dari turunnya wahyu pertama kepada Rasulullah SAW. Sementara itu, ada pula yang mengusulkan untuk penanggalan Islam dihitung dari wafatnya Rasulullah Saw. Hal tersebut dikarenakan pada waktu itu diturunkan wahyu terakhir yang menegaskan bahwa Islam sebagai agama yang sempurna.

Selanjutnya, Ali bin Abi Thalib juga turut mengusulkan agar kalender Hijriah Islam dimulai dari peristiwa hijrahnya Nabi Muhammad SAW dari MekKah ke Madinah.

Pada akhirnya, usul dari Ali bin Abi Thalib yang diterima dan menjadi sejarah dari kalender Islam pertama kali yang dibuat. Sehingga, mulai dari sanalah pula sejarah tahun baru Islam muncul.*

 

Baca : Ini Rekomendasi Ucapan Selamat Tahun Baru Islam 1442 Hijriah

Berita Terkait