Trending
Meski Ada Larangan, Masyarakat Tetap Antusias Sambut Tahun Baru Islam

Meski Ada Larangan, Masyarakat Tetap Antusias Sambut Tahun Baru Islam

Jum'at, 21 Agustus 2020 20:41 Eris Kuswara Tradisi



Koropak.co.id - Rabu (18/8/2020) Pemerintah Kota Tasikmalaya secara resmi mengeluarkan surat edaran agar seluruh masyarakat Kota Tasikmalaya tidak melakukan pawai obor atau konvoi menyambut Tahun Baru Islam 1442 Hijriyah pada Kamis (19/8/2020) malam.

Bahkan akibat masih berlangsungnya pandemi Covid-19, Pemerintah Kota Tasikmalaya pun tidak melaksanakan tabligh akbar dalam rangka menyambut tahun baru Islam yang rutin dilaksanakan setiap tahunnya.

Namun meskipun sudah ada surat edaran, antusiasme masyarakat baik di desa maupun kota untuk melaksanakan pawai obor tak dapat dibendung. Mereka turun ke jalan dan melakukan atau konvoi.

Dari pantaun Koropak, ratusan santri Pondok Pesantren Al-Muchtar, Muchtarul Huda serta masyarakat Kampung Padamulya dan Sukamulya dari berbagai kalangan usia, tumplek memadati ruas jalan. Setelah menunaikan ibadah salat Isya, mereka berkumpul di lapangan SDN Sukamulya untuk melakukan pawai obor.

 

Meski Ada Larangan, Masyarakat Tetap Antusias Sambut Tahun Baru Islam

 

Baca : 1 Muharram, Ini Sejarah Awal Mulanya Penetapan Tahun Baru Islam

 

Meskipun tetap menerapkan protokol kesehatan, salah satunya dengan memakai masker, gemuruh takbir terdengar menggema di sepanjang rute konvoi disertai suara bedug menderu-deru.

“Untuk menyambut Tahun Baru Islam 1442 Hijriah ini, kami tetap melaksanakan pawai obor sebagai bentuk kebahagian kami memasuki tahun baru. Dan ini juga merupakan kegiatan rutin kami setiap tahun. Hanya saja tahun ini, semua peserta dibatasi dengan aturan protokol kesehatan," kata Pimpinan Pondok Pesantren Muchtarul Huda, Ustaz Aden Abdul Ghani, Jumat (21/8/2020).

Adapun untuk rute pawai obor, dimulai dari di Lapangan SDN Sukamulya, kemudian melewati Jalan Rancageneng 2, Jalan Gunung Cihcir, Jalan Leuwimalang dan kembali ke pesantren.*

 

Baca : Ini Rekomendasi Ucapan Selamat Tahun Baru Islam 1442 Hijriah

Berita Terkait