Trending
Walikota Tasikmalaya Buka Pasanggiri Tari Jaipong Piala Walikota se-Jawa Barat

Walikota Tasikmalaya Buka Pasanggiri Tari Jaipong Piala Walikota se-Jawa Barat

Minggu, 30 Agustus 2020 23:16 Eris Kuswara Tradisi


 

Koropak.co.id - Walikota Tasikmalaya, Drs H Budi Budiman menghadiri sekaligus membuka kegiatan Pasanggiri Tari Jaipong Piala Walikota se-Jawa Barat untuk Tingkat SD, SMP dan SMA, yang dilaksanakan di Amphitheater Taman Wisata Karangresik Kota Tasikmalaya, Minggu (30/8/2020).

Dalam kesempatan itu, hadir Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata (Disporabudpar) Kota Tasikmalaya, Aan Hadian, General Manager Taman Wisata Karangresik Kota Tasikmalaya, Ketua Yayasan Sekar Manis, para peserta pasanggiri beserta tamu undangan lainnya.

Walikota Tasikmalaya, Drs H Budi Budiman mengatakan, tari Jaipong adalah tari tradisional yang merupakan salah satu seni budaya Sunda yang menarik untuk dilestarikan.

"Kesenian dan kebudayaan ini merupakan warisan dari leluhur yang perlu kita jaga dan dilestarikan agar tidak termakan zaman. Melalui kegiatan budaya ini, kita semua bisa belajar mengenai sejarah bangsa dan bisa juga mengambil manfaat di dalamnya," kata Budi.

 

Koropak.co.id - Walikota Tasikmalaya Buka Pasanggiri Tari Jaipong Piala Walikota se-Jawa Barat

 

Baca : Pemilihan Ketua Dewan Kesenian Kota Tasikmalaya Akan Dihelat 3 Oktober 2020

 

Dengan kegiatan Pasanggiri Jaipong tersebut tutur Budi, pihaknya berharap dapat menggali serta mengembangkan bakat dan potensi generasi muda di bidang seni tari, sebagai tanda cinta terhadap seni budaya yang berkualitas.

"Selain tari terang Budi, semua artefak budaya yang diwariskan leluhur, memiliki filosofi tinggi yang bisa dijadikan media penyampaian untuk mengajarkan perilaku santun bagi generasi muda sebagai penerus bangsa. Maka hal itu juga perlu dilestarikan," imbuhnya.*

 

Baca : Seminar Seni 2020: Mengupas Kota Tasikmalaya Dari Sudut Pandang Jurnalistik dan Sastra