Trending
Yuk, Nikmati Sensasi Ngopi Sambil Keliling Naik Bus di Ciamis

Yuk, Nikmati Sensasi Ngopi Sambil Keliling Naik Bus di Ciamis

Rabu, 21 Oktober 2020 18:33 Eris Kuswara wahana


 

Koropak.co.id - Setelah melalui proses percobaan selama beberapa pekan, kini bus wisata Ciamis Kopi Bis (Cikobis) secara resmi diluncurkan. Bahkan, untuk peresmiannya pun langsung oleh Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya.

Sebagaimana dihimpun Koropak, Rabu (21/10/2020) Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Ciamis menyediakan dua armada dengan kapasitas penumpang sebanyak 20 orang. Sementara untuk tiket Cikobis sendiri hanya dipatok dengan harga Rp 50 ribu per orang.

Pengunjung atau traveller pun dapat menikmati berbagai fasilitas seperti bus wisata ber-AC, satu gelas kopi panas atau dingin sesuai dengan seleranya yang diseduh oleh Makkikan Coffe serta snack dan cemilan khas Ciamis. Sementara itu, untuk rutenya sendiri, bus wisata ini start dari Turis informasi Center Ciamis kemudian melaju ke Handapherang, Jalan Lingkar Selatan, Taman Makam Pahlawan, Taman Lokasana dan kembali ke TIC.

 

koropak.co.id - Yuk, Nikmati Sensasi Ngopi Sambil Keliling Naik Bus di Ciamis

 

Bupati Ciamis Herdiat Sunarya mengapresiasi langkah BPPD yang berinovasi agar wisata Ciamis bisa kembali tumbuh saat pandemi Covid-19. Selain itu, dengan tetap menjalankan protokol kesehatan, pihaknya berharap pariwisata Ciamis bisa kembali berkembang.

"Keberadaan bus wisata Cikobis ini tentunya bisa mendongkrak kunjungan wisata dari luar daerah ke Ciamis. Ditambah lagi, kopi merupakan salah satu komoditas unggulan dari Ciamis. Cikobis ini juga tidak jauh berbeda dengan bus pada umumnya. Namun interiornya diubah menjadi seperti kafe, yang mana joknya saling berhadapan dengan meja di tengahnya. Program Cikobis ini merupakan kerjasama antara BPPD dengan PO Bus asal Ciamis, Sumber Jaya Trans," kata Herdiat.

Sementara itu, Direktur Eksekutif BPPD Ciamis, Tommy Surjanto mengatakan, selama pandemi Covid-19, diketahui industri pariwisata sangat terkena dampaknya. Namun BPPD tetap berusaha dan berinovasi agar pariwisata di Ciamis bisa bangkit kembali tanpa mengabaikan protokol kesehatan.

"Bus wisata ini tentunya menjadi inovasi baru dari kami untuk menggairahkan kembali sektor pariwisata di Ciamis," kata Tommy.* (Nastiar Maulida Utami)