Trending
Bandung SkyBridge

Bandung SkyBridge

Kamis, 06 Juli 2017 18:38 Eris Kuswara wahana


Kereta Gantung Bandung Akan Segera dibangun Bulan Agustus Tahun Ini

Kota Bandung Berjuang Membangun Kereta Gantung

koropak.co.id - Beberapa waktu yang lalu Walikota Kota Bandung, Ridwan Kamil mengkonfirmasi bahwa pembangunan Kereta Gantung Bandung akan di mulai pada Bulan Agustus 2017.

Pembangunan transportasi ini diharapkan dapat mengurangi kemacetan yang terjadi di Kota Bandung. Ridwan Kamil mengatakan bahwa perizinan proyek tersebut sudah sampai pada babak final.

Kereta Gantung Bandung dibangun dengan tujuan agar masyarakat kota Bandung mulai mengurangi kebiasaan dalam menggunakan transportasi pribadi. Harapannya seluruh lapisan masyarakat mau menggunakan transportasi publik. Sehingga hal ini bisa mengurangi kemacetan di Kota Bandung.

Kereta Gantung memang terbukti telah menjadi transportasi yang mengurangi kemacetan di berbagai kota-kota besar di dunia, misalnya kereta gantung di Kota New York.

Pembangunan Kereta Gantung Bandung ini memang sempat molor. Namun, pada akhirnya pembangunannya akan mulai diwujudkan bulan depan.

Rute Kereta Gantung Bandung

Kereta Gantung ini rencananya akan menghubungkan Gelapnyawang (Dago) dengan Cihampelas. Kota Bandung memang sedang berjuang untuk membangun transportasi ini. Selengkapnya mungkin akan dibuat rute jalur Kereta Gantung dari Gelap Nyawang (PDAM Bandung)-Jalan Cihampelas-Jalan Setiabudi-Terminal Ledeng-Punclut-Terminal Dago-Simpang Dago-Gelap Nyawang.

Kota Bandung memang dikenal semakin unik dan kreatif sejak dipimpin oleh Ridwan Kamis sebagai Walikota Kota Kembang tersebut. Kebijakannya adalah membuat Bandung semakin dicintai oleh masyarakat Kota Bandung sendiri.

Hal ini pun yang membuat banyak wisatawan baik lokal maupun asing untuk datang ke Bandung. Pembangunan Kereta Gantung ini juga dapat membuat Kota Bandung semakin ramai didatangi oleh wisatawan.

Kereta Gantung ini sebenarnya bukan hal baru di Indonesia. Sebelumnya kita sudah memiliki kereta gantung (sky lift) di Taman Mini Indonesia, hanya saja teknologinya masih sangat sederhana. Kereta Gantung Bandung akan dibuat dengan teknologi yang lebih canggih. Teknologi yang akan dihadirkan  didukung oleh perusahaan asal Austria, Doppelmayr.

Kereta Gantung Bandung diharapkan dapat mengangkut 10.000 orang per hari pada hari kerja. Sementara itu, pada akhir pekan, ketika Bandung disesaki wisatawan, maka kereta gantung diharapkan dapat mengangkut setidaknya 14.000 orang per hari.

Bagi masyarakat yang penasaran seperti apa, khususnya masyarakat Kota Bandung bisa datang langusng ke kantor Ridwan Kamil, Balai Kota Bandung di Jalan Wastukancana. Disana semua orang bisa melihat dan mencoba prototipe Kereta Gantung Bandung, SkyBridge.

Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan yang akrab disapa Aher pun merekomendasikan agar proyek Kereta Gantung Bandung SkyBridge segera diterbitkan.

Dengan adanya kereta gantung ini, Kota Bandung akan menjadi kota yang selangkah lebih maju dari pada Kota lainnya di Indonesia. Tentunya hal ini akan menimbulkan persaingan antar kota agar lebih maju dalam hal pembangunan infrastruktur.

Transportasi umum sementara yang ramai digunakan oleh masyarakat kota Bandung adalah Angkot. Sementara masyarakat lainnya memilih menggunakan transportasi pribadi. Padahal Pemerintah Kota Bandung sudah menyediakan Bus Kota Bandung yang murah.*

Berita Terkait