Trending
Lukisan Dunia Karya Taufik Hidayat, Motivasi Generasi Muda Untuk Berkarya

Lukisan Dunia Karya Taufik Hidayat, Motivasi Generasi Muda Untuk Berkarya

Sabtu, 31 Oktober 2020 16:32 Eris Kuswara Mice


Koropak.co.id - Dalam kegiatan bedah buku dengan judul "Nyaritakeun Puisi (Nyarisi)" yang dilaksanakan di Brix Foodcourt Salis Hotel Jalan Dr Setiabudi Nomor 272 Kota Bandung, Rabu (28/10/2020), ada acara yang tidak kalah menarik yakni talkshow dengan pembicara Bilven Sandalista dari penerbit Ultimus dan Kyai Matdon dari majelis sastra Bandung.

Hal itu dikatakan Ketua Pelaksana Nyarisi, Doddi Eka Pratama atau yang lebih akrab disapa Doddi Kiwari saat dikonfirmasi Koropak mengenai kegiatan Nyarisi yang digelar Komunitas Tritangtu dan mengusung tema "Keterbatasan Bukan Berarti Dunia Itu Terbatas", Sabtu (31/10/2020).

"Yang dibahas itu tentang buku kumpulan puisi lukisan dunia, karya Taufik Hidayat atau yang lebih dikenal dengan nama Opik Geulang, seorang difabel. Nyarisi juga dimeriahkan dengan musikalisasi puisi bersama Panji Sakti, Yayankatho dan Dian serta Babas Sagara and friend," kata Doddi.

Doddi yang juga Ketua Komunitas Tritangtu menyebutkan, selain musikalisasi, ada juga demo lukisan bersama pelukis Rosid. Dan sebelum acara inti dimulai, dilaksanakan pembacaan doa oleh Irwan Jabong dengan gaya baca mantra dan dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya sambil diiringi permainan biola oleh Yudi V. Setelah itu, ada pembacaan sumpah pemuda bersama Aril dari Teater Lima Wajah Univesitas Kebangsaan RI.

"Kegiatan ini pun didukung live streaming NBS Radio yang disiarkan langsung melalui aplikasi Zoom oleh Balai Bahasa Jawa Barat," tuturnya.

 

Lukisan Dunia Karya Taufik Hidayat, Motivasi Generasi Muda Untuk Berkarya

 

Baca : Nyarisi, Bentuk Kepedulian Pemuda Pada Pelestarian Karya Sastra

 

Sementara untuk jumlah peserta yang hadir kata dia, karena saat ini masih kondisi pandemi Covid-19, kegiatan Nyarisi dibatasi hanya untuk 75 orang. Meskipun demikian, antusiasme para peserta yang datang dari kalangan umum, pelajar, mahasiswa dan komunitas difabel, sangat luar biasa. Bahkan ada yang sengaja jauh-jauh datang dari Bekasi untuk mengikuti kegiatan Nyarisi.

Lebih lanjut Doddi mengatakan, maksud dan tujuan kegiatan Nyarisi adalah, dalam rangka menyambut sumpah pemuda. Dimana dengan diadakannya acara launching buku puisi ini, diharapkan bisa menjadi motivasi bagi generasi muda untuk tetap berkarya meskipun dalam masa yang cukup sulit," ujarnya.*

 

Baca : Meski Keterbatasan Fisik, Mampu Melahirkan Ide dan Karya yang Gemilang

 

Berita Terkait