Trending
Batu Bangkong, Destinasi Wisata Baru di Pinggiran Sungai Citanduy Tasikmalaya

Batu Bangkong, Destinasi Wisata Baru di Pinggiran Sungai Citanduy Tasikmalaya

Minggu, 22 November 2020 21:57 Eris Kuswara destinasi



Koropak.co.id - Plt Walikota, Wakil Walikota Tasikmalaya, Drs H Muhammad Yusuf mengaku sangat mengapresiasi masyarakat yang ada di sekitar Kawasan Batu Bangkong Sirnagalih, Kecamatan Indihiang yang berhasil memanfaatkan Sungai Citanduy dan saluran irigasi yang ada menjadi destinasi wisata baru.

"Ternyata dengan memanfaatkan potensi alam yang ada, masyarakat berhasil menciptakan fenomena baru dan menjadi destinasi wisata alami yang menarik. Kami bangga masyarakat disini secara kreatif berhasil membangun areal wisata indah secara swadaya," kata Yusuf saat kegiatan kunjungan ke tempat wisata Batu Bangkong Kelurahan Sirnagalih, Kecamatan Indihiang Kota Tasikmalaya, Minggu (22/11/2020).

Kemungkinan nantinya terang dia, Pemerintah Kota Tasikmalaya melalui Lurah, Camat bahkan Dinas Terkait akan membantu masyarakat dengan memfasilitasi destinasi wisata ini dari berbagai aspek, salah satunya terkait perizinan.

"Kota Tasikmalaya ini memang bukan merupakan daerah tujuan wisata selain sekedar untuk transit. Itu karena kita tidak memiliki banyak tempat wisata. Namun, ketika sudah muncul seperti ini, ke depan Tasikmalaya ini bisa menjadi destinasi yang menarik dikunjungi. Tinggal bagaimana Batu Bangkong ini ditata sedemikian rupa dan lebih mudah dilihat orang dan aman dikunjungi serta membuat nyaman," tuturnya.

Menurutnya, dari kunjungan tersebut ada beberapa catatan yang perlu diperhatikan warga yang mengelola Batu Bangkong. Yang pertama, dikarenakan tempatnya agak menjorok ke dalam, maka harus diperhatikan adalah ketersediaan areal parkir. Hal ini bisa disiasati dengan warga setempat yang memiliki lahan.

 

Batu Bangkong, Destinasi Wisata Baru di Pinggiran Sungai Citanduy Tasikmalaya

 

Yang kedua adalah akses jalan menuju lokasi yang harus segera dibuka dan ditata dengan baik agar memunculkan minat masyarakat mengunjungi lokasi wisata.

"Jika sudah ada pembebasan tanah, Pemerintah nanti kan bisa membantu menembok badan jalannya," katanya.

Tetapi lanjut dia, pemerintah akan melihat dulu aturannya. Apakah di daerah PSDA ini diperbolehkan membangun jalan untuk penghubung destinasi wisatanya?

Pada intinya pemerintah mendorong agar destinasi wisata ini diciptakan senyaman mungkin. Termasuk bagaimana agar sungai Citanduy ini bisa dimanfaatkan sebagai tempat arum jeram dengan bekerjasama Federasi Arum Jeram Indonesia (FAJI)," ujarnya.

Ia berpesan, agar pengelolaan administrasi, dan kepengurusan serta manajemen destinasi wisata Batu Bangkong ini, sejak awal ditata dengan baik, sehingga tidak menimbulkan permasalahan atau keributan di kemudian hari.*