Trending
Synchronic of Art Festival, Selaraskan Keragaman Karya Kreatif Secara Virtual

Synchronic of Art Festival, Selaraskan Keragaman Karya Kreatif Secara Virtual

Senin, 21 Desember 2020 21:46 Eris Kuswara Mice



Koropak.co.id - Nusa Biru Abadi (NBA) Organizer Bandung bersama Komunitas Ethnic Creative Base (ECB) dan Dinas Pariwisata dan Kebudayaaan (Disparbud) Jawa Barat menggelar kegiatan Synchronic of Art Festival (SOAFest) yang dilaksanakan secara virtual melalui Channel YouTube SOAFest ID, Disparbud Jabar dan Budaya Jabar, Minggu (20/12/2020).

Koordinator Promosi SOAFest, Yemi mengatakan, SOAFest merupakan program festival seni budaya yang dilaksanakan melalui kerjasama dengan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Provinsi Jawa Barat, sebagai upaya menyelaraskan karya seni suara, musik, tari, rupa dan teater dalam ruang apresiasi bagi keragaman karya kreatif yang dikemas secara kekinian.

SOAFest ini bertujuan untuk menjaga, melestarikan dan meningkatkan aspek seni budaya di daerah Jawa Barat pada tahapan yang lebih tinggi menuju kelas Internasional.

Menurutnya, SOAFest terlahir dari sebuah rasa cinta yang terwujud dalam pergerakan nyata dan dedikasi tinggi terhadap seni budaya di wilayah Jawa Barat. Selain itu, setiap pergerakannya juga memiliki target pencapaian dan salah satunya difungsikan sebagai proteksi atas aset kearifan lokal.

"Seperti diketahui bahwa beberapa waktu yang lalu, Indonesia sempat mengalami pengklaiman aset seni budaya dan ragam aset lainnya oleh negara lain," kata Yemi.

Ditambahkan, SOAFest tidak sekedar etalase yang hanya dijadikan sebagai media pentas dan ruang singgah. Akan tetapi, SOAFest berupaya untuk menjadi salah satu ruang tinggal yang menghimpun database sekaligus turut menjadi pelestari aset warisan seni budaya leluhur.

SOAFest juga ingin menjadi inspirasi dan stimulan utama bagi para pelaku seni tradisi serta generasi penerus agar dapat berperan aktif dalam menjaga nilai seni budaya.

"Generasi penerus diharapkan bisa bersama-sama menguatkan proteksi terhadap tradisi leluhur sebagai aset kearifan lokal, nasional hingga di mata internasional," ujarnya.

 

Synchronic of Art Festival, Selaraskan Keragaman Karya Kreatif Secara Virtual (2)

 

SOAFest lanjut dia, secara terbuka mengapresiasi dan merangkul perkembangan seni budaya di Jawa Barat, generasi muda yang menjadi pekarya ethno music, perupa, teater, karya tulis, tari dan pengembangan lainnya.

Lebih jauh Yemi menuturkan, pada seri perdana SOAFest kali ini, mengusung konten musik etnik Sunda yang di kemas menarik, kekinian dan kontemporer dengan menampilkan Djaya Dwara Percussion, Saratuspersen, Raya Pro dan Ethnoprogressive.

Dalam kegiatan ini juga turut diselingi dengan bincang-bincang santai dengan suasana keakraban khas orang Sunda bersama DR. Mohamad Rudiana, S.Sen., M.SN yang merupakan seorang musisi dan akademisi, Dosen Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Bandung dan Founder Idea Percussion.

Kemudian juga dengan Ir. Reza Pamungkas sebagai seorang praktisi event yang berkonsentrasi pada seni pertunjukan musik dari Independent Network Indonesia.

"Dalam SOAFest ini juga terdapat sesi kuis untuk para followers dan viewers SOAFest dengan hadiah menarik, berupa souvenir edisi terbatas serta hadiah berupa produk lainnya yang bermanfaat," ucapnya.*

 

Baca : Implementasi Konsep Pentahelix Sebagai Upaya Pengembangan Seni dan Budaya

Berita Terkait