Trending
Tanjakan Bohong Salawu

Tanjakan Bohong Salawu

Rabu, 28 Februari 2018 08:37 Kemala Adiyatma TravelTips


Tanjakan Tajam Sering Sebabkan Mobil Mogok

Koropak.co.id - Tanjakan yang sepintas tidak terlalu tinggi dengan panjang sekitar 15 meteran, tapi dikenal rawan kecelakaan. Ya, itu adalah Tanjakan Bohong yang berlokasi di Desa Kutawaringin Kecamatan Salawu Kabupaten Tasikmalaya itu sering dilalui saat Anda hendak menuju Garut dari arah Tasikmalaya.

Lantas kenapa disebut tanjakan bohong? Apakah tanjakan ini suka berbohong layaknya ucapan manusia seutuhnya?. Memang betul kalau kita melaju dari arah Tasikmalaya, seolah tanjakan tersebut tidak terlalu tinggi. Namun, ketika sudah mencapai puncak pengendara harus bersusah payah menyesuaikan stir saking menukiknya belokan yang kemudian kembali nanjak.

Tanjakan Bohong Salawu

 

Nah, seperti itu cerita dinamakannya tanjakan bohong, karena dari kejauhan secara kasat mata tanjakan ini memang biasa. Tapi setelah dilihat aslinya tanjakan ini berbelok seakan-akan menanjak. Misteri tanjakan ini sudah ada sejak dahulu. Bahkan, sudah tidak terhitung lagi kendaraan mogok, serta korban kecelakaan di tanjakan bohong.

Bahkan masyarakat di Desa Kutawaringin Kecamatan Salawu itu selalu memantau aktivitas malam di tanjakan tersebut karena khawatir terjadi kecelakaan. Hampir setiap malam tanjakan ini selalu ada truk yang mogok, sehingga lalu lintas di jalan raya menjadi terganggu akibat mogoknya kendaraan.

Apabila kendaraan yang sedang naik selalu mengambil jalur kanan badan jalan. Kawasan ini rawan kecelakaan karena biasanya ada kendaraan mogok yang tak terlihat oleh pengendara di belakangnya. Sehingga menguak misteri yang sangat menakutkan untuk menyusuri jalan Tasik-Garut ini padahal arah tersebut merupakan satu-satunya jalur yang harus dilewati ketika menuju ke Malangbong.

Maka dari itu, berhati-hatilah kendaraan yang diharapkan saat memasuki tanjakan bohong ini, karena tak terlihat seperti ada tikungan tajam, seperti namanya Tanjakan Bohong.*