Trending
Mengenal Budaya Minum Teh Di Berbagai Penjuru Dunia

Mengenal Budaya Minum Teh Di Berbagai Penjuru Dunia

Senin, 04 Januari 2021 13:40 Eris Kuswara Tradisi


 

Koropak.co.id - Tahukah kamu, jika teh menjadi salah satu minuman yang paling banyak dikonsumsi di seluruh dunia? Di setiap negara, teh menjadi budaya dan kaya akan manfaat. Beberapa orang menikmati teh sebagai cara menghangatkan tubuhnya di hari yang dingin atau sebagai pengganti kopi. Sementara yang lainnya menjadikan teh sebagai budaya atau upacara yang memisahkan hari diantara sarapan dan makan malam.

Dalam banyak budaya, teh juga memiliki arti yang jauh lebih sakral dibandingkan dengan sekedar menenangkan jiwa dan membantu kesehatan holistik. Selain itu, bagi sebagian orang, tradisi minum teh ini juga berakar pada praktik berabad-abad dan menggabungkan tradisi menanam daun teh yang lembut serta seni menyeduh teh yang sempurna.

Diketahui, setiap jenis tanaman teh itu sendiri memerlukan instruksi pembuatan, mulai dari suhu air, waktu perembesan yang berbeda hingga penyajian. Berikut budaya minum teh di beberapa negara di penjuru dunia sebagaimana dihimpun Koropak, Senin (4/1/2021).

1. Jepang
Di Jepang, upacara matcha bisa lebih dari kegiatan apapun. Selain itu teh hijau merupakan yang paling populer di negara sakura tersebut. Matcha itu sendiri mengacu pada jenis teh serta pembuatan teh. Upacaranya yang tenang dan tenteram, biasanya melibatkan sekelompok kecil orang dan memerlukan set matcha khusus untuk menyeduh teh. Keseluruhan proses upacaranya pun merupakan tradisi indah yang telah berlangsung selama berabad-abad.

 

Baca : Teh Herbal Mampu Dongkrak Imun Tubuh untuk Lawan Virus Corona

 

2. India
Di India sendiri sering dikaitkan dengan teh chai. Selain it, India juga ternyata merupakan produsen dan konsumen teh terbesar di antara negara lain di dunia. Sehingga dengan demikian, chai merupakan minuman nasionalnya dan terlihat sangat melimpah disana bahkan hingga dijual oleh pedagang kaki lima. Oleh karena itu, penduduk lokal dan pengunjung di India pun tidak pernah kehabisan cara untuk menemukan secangkir teh berbumbu ini.

3. Maroko
Di Maroko, teh mint merupakan segalanya. Bagaimana tidak, Maroko sendiri dikenal menggunakan mint baik dalam minuman tradisional maupun hidangannya. Selain itu, bagi pengunjung yang pernah tinggal di Maroko, mungkin mereka akan akrab dengan kebiasaan disajikannya teh mint tiga kali secara terpisah. Cangkir teh mint ini juga dimaksudkan untuk mewakili kehidupan, cinta, dan kematian, sehingga inilah yang merupakan kebiasaan dalam keramahan Maroko untuk menyajikan secangkir teh.

4. China
China merupakan negara lain yang memiliki sejarah yang mengakar kuat pada budaya teh. Bahkan saking mengakarnya, didirikanlah museum yang berada di Hangzhou dengan pameran yang memiliki sejarah rinci mengenai evolusi minum teh di negara Tirai Bambu tersebut. Salah satu jenis teh yang paling populer ditanam di China adalah teh hijau, bersama dengan oolong dan Puerh.*

 

Baca pula : Jangan Minum Teh Saat Perut Kosong

Berita Terkait