Trending
Desa Bilebante, Jadi Salah Satu Destinasi Wisata Favorit Wisatawan

Desa Bilebante, Jadi Salah Satu Destinasi Wisata Favorit Wisatawan

Senin, 18 Januari 2021 15:31 Eris Kuswara destinasi


 

Koropak.co.id - Saat ini, Desa Bilebante yang berada di Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB) tengah disiapkan menjadi salah satu destinasi wisata favorit bagi wisatawan. Bahkan, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI, Sandiaga Uno mendorong agar desa tersebut menjadi salah satu daya tarik saat gelaran MotoGP Tahun 2021 Mandalika digelar.

"Selain infrastruktur dan interkoneksi, persiapan MotoGP 2021 juga tidak terlepas dari dukungan kearifan lokal di desa wisatanya. Contohnya saja melalui ragam kuliner khasnya seperti serabi rumput laut, ayam taliwang, plecing dan nasi puyung. Pokoknya, semua yang menjadi ciri khas dari Lombok akan kita angkat dan kurasikan. Karena, kita juga mempunyai programnya, sehingga kita akan buat event-event yang lebih banyak disini,” kata Sandiaga Uno sebagaimana dihimpun Koropak, Senin (18/1/2021).

Ia menuturkan, dikarenakan desa ini juga termasuk desa wisata sehat, maka salah satu yang bisa di dorong di desa tersebut adalah medical tourism atau pariwisata berbasis kesehatan. Sementara itu, tercatat pada tahun 2017, Desa Wisata Bilebante berhasil mendapatkan penghargaan dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) sebagai Desa Wisata terbaik dalam ajang Desa Wisata Award tahun 2017.

 

Baca : Sirkuit Mandalika di Indonesia Masuk Jadwal Balapan MotoGP Tahun 2021

 

"Desa Bilebante ini terpilih karena dinilai mampu menjalankan roda perekonomian melalui Desa Wisata. Selain itu, Desa ini juga telah berhasil mengembangkan usaha pengolahan rumput laut di sawah. Berbagai potensi yang ada di Desa Wisata Bilebante ini nantinya akan kita kembangkan. Selain itu, kita juga akan wujudkan desa ini sebagai destinasi desa wisata yang bisa mendatangkan wisatawan nusantara dan mancanegara untuk kemaslahatan rakyat,” ucapnya.

Namun hal yang perlu diperhatikan, kata Sandiaga, adalah protokol kesehatan perlu diterapkan lebih ketat di desa wisata tersebut. “Protokol kesehatan ini sangat penting, karena hal itu akan membuat para wisatawan yang datang merasa aman dan nyaman,” ujarnya.

Ia berharap perhelatan MotoGP 2021 yang diperjuangkan juga akan menjadi pemicu kebangkitan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif, khususnya bagi masyarakat yang berada di Lombok, Nusa Tenggara Barat dan seluruh masyarakat Indonesia.*

 

Baca pula : Tim MotoGP Indonesia Resmi Dapat Partner Berlaga di Kelas Moto2 Tahun 2021

 

Berita Terkait