Trending
HPSN 2021, Relawan Gelar Aksi Bersih-Bersih Sampah Di Sungai Ciwulan

HPSN 2021, Relawan Gelar Aksi Bersih-Bersih Sampah Di Sungai Ciwulan

Senin, 22 Februari 2021 17:35 Dede Hadiyana Komunitas


 

Koropak.co.id - Dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) tahun 2021, sejumlah relawan konservasi sungai menggelar aksi bersih-bersih bantaran Sungai Ciwulan yang berlangsung di Kampung Tanjung Kelurahan Tanjung Kecamatan Kawalu Kota Tasikmalaya, Minggu (21/2/2021).

Kegiatan yang diinisiasi komunitas Republik Aer Tasikmalaya bersama Karang Taruna Kelurahan Tanjung tersebut diikuti ratusan relawan dari berbagai komunitas termasuk masyarakat sekitar.

Presiden Republik Aer Tasikmalaya Harniwan Obech mengapresiasi atas apa yang dilakukan para relawan bersama masyarakat pada hari ini dimana banyak sekali pesan-pesan yang disampaikan.

"Tidak hanya itu para penggiat peduli lingkungan, akan tetapi para seniman, budayawan, para pemuda pemudi, termasuk beberapa komunitas bersama masyarakat sekitar yang terjun dalam aksi dengan nyata peduli terhadap keberadaan sampah, khususnya yang ada di Sungai Ciwulan," ujarnya.

 

Baca : Relawan Republik Aer Tasikmalaya Bantu Bencana Banjir Indramayu

 

Menurutnya, permasalahan sampah tidak cukup hanya menjadi tatanan atau hanya sebatas kegiatan seremonial seperti ini saja. Akan tetapi adanya tindak lanjut yang diantaranya membangun suatu budaya peduli terhadap lingkungan.

"Kita perlu membangun suatu budaya dimana masyarakat harus lebih peduli lagi terhadap lingkungan khususnya sungai sebagai peradaban manusia. Saya juga ingin menyampaikan bahwa kedepan terkait permasalahan sampah ini tidak cukup hanya pada tatanan atau sebatas kegiatan seperti ini saja," katanya. 

Hal senada turut disampaikan Ketua Karang Taruna Kelurahan Tanjung Angga yang berharap kegiatan tersebut tidak sebatas seremonial semata. Namun dapat menjadi kebiasaan, khususnya bagi warga Kampung Tanjung agar dapat menjaga dan memantau situasi terkini di wilayahnya khususnya di aliran Sungai Ciwulan.

"Dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat menciptakan kesadaran di masyarakat untuk lebih peduli lagi terhadap lingkungan dan terbangun budaya untuk tidak membuang sampah ke sungai agar masyarakat dapat menikmati keindahan bantaran Sungai Ciwulan," ucap pria yang akrab disapa Abem.*

 

Baca pula : Tasik Baseuh Enjoy Jilid 7 Siap Digelar

 

Berita Terkait