Trending
Libatkan Masyarakat Tangani Sampah Di Bantaran Sungai Ciwulan

Libatkan Masyarakat Tangani Sampah Di Bantaran Sungai Ciwulan

Senin, 22 Februari 2021 19:15 Dede Hadiyana Komunitas


 

 

Koropak.co.id - Tidak sekedar memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2021, komunitas peduli lingkungan Raksa Lembur ikut aksi bersama relawan lainnya dimana permasahalan sampah memang sudah luar biasa. Sampai hari ini, Indonesia masih menjadi negara yang menyumbang sampah plastik terbesar kedua di dunia, termasuk sampah dari sungai.

Hal itu disampaikan relawan komunitas peduli lingkungan Raksa lembur Ahmad Tazakka Bonanza dalam kegiatan peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2021 di Kampung Tanjung Kelurahn Tanjung Kecamatan Kawalu Kota Tasikmalaya, Minggu (21/2/2021).

"Alhamdulillah hari kita tidak tinggal diam dan bukan sekedar memperingati saja, tapi ikut aksi di lapangan bersama pihak lain yang terlibat hari ini. Dari kegiatan ini, kita juga ingin menjaga Sungai Ciwulan yang indah dan memiliki potensi sangat luar biasa, jangan sampai kebiasan membuang sampah ke sungai menjadi budaya," ujarnya.

 

Baca : HPSN 2021, Relawan Gelar Aksi Bersih-Bersih Sampah Di Sungai Ciwulan

 

Menurutnya, mulai saat ini jangan menganggap bahwa sampah sebagai permasalahan. Pasalnya, mulai saat ini jiga pihaknya menyediakan fasilitas dan siap membuat sampah menjadi kepingan emas. Namun, tetap harus dilihat dari sisi potensinya sehingga masyarakat akan mulai peduli terhadap sampah dan tidak membuangnya sembarangan.

"Alhamdulillah, atas hasil kerjasama kami dari relawan Raksa Lembur bersama Komunitas Republik Aer Tasikmalaya dan Karang Taruna Kelurahan Tanjung meluncurkan Bank Sampah Berkah dimana nantinya masyarakat yang menyimpan atau menabung sampahnya di sini sampai dengan jumlah tertentu akan diberikan kepingan emas murni seberat 0,025 Gram," katanya.

Dalam kesempatan tersebut pihaknya berharap depan akan terbentuk juga kumpulan masyarakat yang secara berangsur menjadi kelompok kader lingkungan serta program Bank Sampah Berkah bisa menjadi motivasi keterlibatan masyarakat dalam penanganan sampah, khususnya yang berada di bantaran sungai.*

 

Baca pula : Relawan Republik Aer Tasikmalaya Bantu Bencana Banjir Indramayu

 

Berita Terkait