Trending
Berawal dari Hobi, Kini Komunitas Gares Aktif di Berbagai Kegiatan Sosial

Berawal dari Hobi, Kini Komunitas Gares Aktif di Berbagai Kegiatan Sosial

Jum'at, 21 Mei 2021 06:48 Eris Kuswara Komunitas


 

Koropak.co.id - Komunitas Gabungan Resep Sepeda (Gares) berdiri sejak April 2018 dan dirintis oleh 4 orang warga Leuwianyar Kota Tasikmalaya yakni Ahmad Yani, Dede Dafni, Ujang Resna dan Ase. Diketahui, komunitas tersebut pada awalnya hanya memiliki tujuan untuk sekedar berolahraga menggunakan sepeda sambil hiburan.

Namun seiring berjalannya waktu dan mulai dengan mengikuti event ke Gunung Dieng pada 1 April 2018 lalu, anggota Komunitas Gares pun semakin bertambah dan kini jumlah anggotanya sudah mencapai 37 orang.

Ketua Komunitas Gares, Ahmad Yani mengatakan, Komunitas Gares memiliki kegiatan rutin mingguan dan semakin banyak yang tertarik untuk ikut bergabung di Komunitas Gares yang kebanyakan anggotanya dari Leuwianyar Kota Tasikmalaya.

"Selain bersepeda mengikuti event di dalam kota, kami juga sering mengikuti event diluar kota dan setiap berangkat juga paling sedikit anggota yang mengikuti yakni sebanyak 22 hingga 25 orang. Kami juga sering menggelar kumpulan setiap malam di Cafe Anas yang juga dijadikan sebagai Sekretariat," kata Ahmad Yani kepada Koropak.

 

Baca : Baraya Onthel Soreang Ajak Komunitas Onthel Keliling Bandung

 

Ia menambahkan, Komunitas Gares melakukan pemberangkatan bersepeda setiap Minggu yakni sekitar pukul 08.00 WIB dan pulang kembali sekitar pukul 17.00 WIB. Sementara itu, pihaknya juga turut bersyukur bahwa kini sejumlah Tokoh di Leuwianyar juga telah bergabung dengan Komunitas Gares.

Berbicara mengenai event paling jauh, kami pernah mengikuti event di Salatiga, Yogyakarta, Wonosobo, Purbalingga, Purwokerto dan Cilacap. Namun kini terpaksa berhenti dikarenakan tidak ada yang menggelar event kembali akibat Covid-19. Sehingga kini kami pun hanya melaksanakan kegiatan rutin saja," ucapnya.

Ia menuturkan, untuk struktur organisasi dari Komunitas Gares sendiri meliputi Penanggung Jawab, Ustaz Gofar dan H. Apip, Penasehat, Ade Suherman, Ketua, Ahmad Yani, Wakil Ketua, Uus Solihin, Sekretaris, Jafar Sidiq, Bendahara, Dede Dafni dan Dokumentasi, Nandang. Pihaknya juga menilai, dengan bersepeda, semua tempat wisata yang ada bisa terkunjungi komunitas Gares.

"Dari yang awalnya hanya sebatas olahraga sambil hiburan saja, namun seiring dengan bertambahnya anggota dan masukan dari berbagai tokoh yang ikuti ke Komunitas Gares, kami pun menambahkan kegiatan dan gerakan sosial seperti santunan serta ikut serta di kegiatan ke-RW-an. Dengan adanya Komunitas ini, kami berharap bisa menyatukan warga khususnya di Leuwianyar di dua Ke-RW-an yakni RW 05 dan RW 21 baik dalam bentuk olahraga, komunitas maupun dalam bidang kerohanian," ujarnya.*

 

Lihat juga : Simak Berbagai Video Menarik Lainnya Disini