Trending
Deep Dive Dubai Catatkan Rekor Jadi Kolam Selam Terdalam di Dunia

Deep Dive Dubai Catatkan Rekor Jadi Kolam Selam Terdalam di Dunia

Rabu, 14 Juli 2021 06:59 Rizky destinasi


 

 

Koropak.co.id - Dubai seakan tidak puas setelah memiliki gedung pencakar langit tertinggi dan mal terbesar di dunia. Bahkan diketahui beberapa waktu lalu, Dubai baru saja memiliki infinity pool tertinggi dan kini negara tersebut juga memiliki kolam selam terdalam di dunia. Tercatat, baru-baru ini Dubai baru saja membuka atraksi pemecah rekor dunia yaitu kolam selam terdalam di dunia dan menjadi atraksi baru Deep Dive Dubai dengan kolam selamnya yang dimiliki mencapai 60 meter.

Kedalamannya pun berhasil mengalahkan rekor sebelumnya yang dimiliki Deepspot Polandia dengan kedalaman yang mencapai lebih dari 45 meter. Sehingga Guinness pun memberikan gelar Deep Dive Dubai sebagai "Kolam renang terdalam untuk menyelam". Sementara itu, kolam Deep Dive Dubai sendiri diisi dengan 14 juta liter air tawar yang setara dengan volume enam kolam renang ukuran olimpiade. Selain itu, setidaknya kolam ini juga tercatat empat kali lebih besar dari kolam selam lainnya di dunia.

Untuk suhu air kolam sendiri dipertahankan pada 30 derajat celcius dan menjadi suhu yang nyaman untuk mengenakan pakaian selam tipis atau pakaian renang. Uniknya lagi, Deep Dive Dubai memiliki 'kota bawah laut'. Sehingga penyelam pun bisa menjelajahi apartemen bahkan bermain di bawah air. Kemudian untuk sistem tata cahaya dan suara canggih juga telah dipasang di dalam kolam untuk memberikan suasana yang berbeda.

 

Baca : Menikmati Suasana Kampung Korea di Taman Karang Resik Tasikmalaya

Tidak sampai di situ saja, kolam juga berfungsi sebagai studio film di bawah air karena ruang pengeditan media juga tersedia di sekitar kolam. Bagi wisatawan yang ingin belajar menyelam, Deep Dive Dubai juga menawarkan kursus untuk penyelam pemula dan penyelam bersertifikat. Nantinya penyelam pun bisa menjelajahi kolam dan kota bawah laut sendiri setelah tur dengan salah satu pemandu selam. Menariknya lagi, ada sekitar 56 kamera yang telah dipasang di sekitar kolam untuk memastikan keselamatan penyelam. Kemudian juga ada ruangan hiperbarik atau pemberian oksigen dengan kapasitas 12 orang untuk keadaan darurat.

"Ada beberapa kolam selam di dunia yang dalam, akan tetapi yang ini jauh lebih menarik. Bukan hanya terdalam dan terbesar, namun efek kota yang tenggelam juga membuatnya menjadi tatanan dunia berikutnya," kata Direktur Deep Dive Dubai, Jarrod Jablonski sebagaimana dihimpun Koropak.

Untuk fasilitas selam ini juga memiliki restoran yang dilengkapi dengan jendela besar dan layar TV. Jadi, untuk keluarga atau teman yang tidak menyelam pun nantinya mereka bisa menyaksikan dari daratan. Saat ada kolam terdalam dan gedung tertinggi di Dubai, ternyata membuat banyak orang yang berencana menuju puncak Burj Khalifa setelah mereka menyelam di Deep Dive Dubai. Sehingga Deep Dive Dubai pun memberikan peringatan.

"Jangan mengunjungi puncak gedung pencakar langit setelah menyelam. Karena setelah menyelam, disarankan untuk menunggu 18 hingga 24 jam sebelum naik lebih dari 300 meter. Namun tidak ada risiko menyelam setelah mengunjungi gedung tertinggi di dunia," ucapnya.*

 

Lihat juga : Simak Berbagai Video Menarik Lainnya Disini

 

Berita Terkait