Trending
UKM Teater 28 Unsil Tasikmalaya Siap Gelar Pentas Keliling 2021

UKM Teater 28 Unsil Tasikmalaya Siap Gelar Pentas Keliling 2021

Selasa, 03 Agustus 2021 09:41 Eris Kuswara Mice


 

 

Koropak.co.id - Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Teater 28 Universitas Negeri Siliwangi (Unsil) Tasikmalaya siap menggelar kegiatan Pentas Keliling 2021 dengan mengusung tema "Teater Sebagai Reaktualisasi Panggung Imunitas" yang akan dilaksanakan secara virtual pada Minggu (15/8/2021) dan Sabtu (21/8/2021) mendatang.

Pimpinan Produksi Pentas keliling UKM Teater 2021, Alfi Ihsanul Karim atau yang akrab disapa Calung, mengatakan, Pentas Keliling 2021 merupakan sebuah program Teater 28 yang dilaksanakan setiap satu tahun sekali.

Ia menuturkan, untuk kegiatan Pentas Keliling 2021 ini akan dilaksanakan secara virtual dengan mengambil naskah Batari Hyang Jenapati karya Ari Sakti yang sekaligus menjadi sutradara serta alumni dari Teater 28. Pementasan ini, terang Calung, mengambil cerita daerah tepatnya di Galunggung Tasikmalaya.

"Dikarenakan saat ini kita masih dalam situasi pandemi Covid-19 yang belum juga usai, maka dari itu kegiatan Pentas Keliling 2021 ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Untuk Pentas Keliling 2021 dilaksanakan secara virtual dengan teknis Take video. Setelah di take, nantinya kita akan menyebarluaskan video tersebut ke beberapa komunitas Teater Se-Nasional. Sehingga dengan begitu esensi pentas kelilingnya pun masih bisa dirasakan oleh seluruh masyarakat melalui kanal YouTube," kata Calung, Kepada Koropak, Senin (2/8/2021)

Ia menambahkan, selain penayangan video di YouTube resmi, UKM Teater 28 Unsil juga akan melaksanakan kegiatan talkshow membedah pementasan tersebut melalui virtual dan diikuti oleh penikmat Teater dan komunitas teater se-nasional. Adapun, maksud dari pelaksanakan program ini tentunya adalah merealisasikan program kerja UKM Teater 28 Unsil dan terus menjaga eksistensi pentas keliling Teater 28.

 

Baca : Teater 28 Unsil Tasikmalaya Siap Gelar Siliwangi Monologue Event 2020

"Ini juga dimaksudkan agar masyarakat masih bisa menikmati pementasan Teater di masa pandemi seperti sekarang. Karena di masa pandemi seperti sekarang ini kita juga dituntut harus produktif dan jangan pasrah dengan situasi saat ini. Untuk take videonya kita akan laksanakan pada 14 dan 15 Agustus 2021 di Gedung Kesenian Tasikmalaya. Kemudian untuk penayangan videonya akan dilaksanakan pada 20 Agustus 2021 dan untuk talkshow membedah bersama pementasan Pentas Keliling 2021, akan dilaksanakan pada 21 Agustus 2021," tambahnya.

Lebih lanjut, Calung menuturkan, Pentas Keliling 2021 melibatkan anggota UKM Teater 28 serta kerabat kerja lainnya dalam membantu proses kegiatan tersebut yang sekaligus ikut memperkenalkan pementasan Teater 28 dengan menjaga terus eksistensi produktivitas Teater 28 di masa pandemi. Sementara itu, untuk sasaran dari kegiatan ini sendiri yaitu seluruh masyarakat penikmat teater.

Berbicara mengenai persiapan, mulai dari reading, casting sampai hari pelaksanaan terang Calung, memakan waktu selama 3 bulan. Kemudian untuk sumber anggarannya sendiri berasal dari lembaga serta Kas UKM Teater 28.

"Untuk kendala dari kegiatan ini yaitu tempat latihan dikarenakan kita juga harus menjaga protokol kesehatan dan imunitas kita pun harus terjaga. Oleh karena itulah kita memikirkan bagaimana caranya agar kita bisa latihan mulai dari latihan virtual sampai latihan dengan dibatasi orang. Melalui kegiatan ini juga kami mengajak generasi muda untuk bisa menumbuhkembangkan dan mencintai dunia seni minimal mulai dari menonton dulu, karena nanti juga akan ada rasa suka dan asyik. Selain itu juga nantinya akan ada rasa ingin mencoba dan mengenal, sehingga kalau sudah seperti itu barulah kita bisa melalukan hal dari kesenian yang kita sukai. Secara otomatis baru tertanam suka dan cinta pada kesenian," ujarnya.

Dengan diadakannya kegiatan ini, pihaknya berharap bisa menjadi motivasi untuk semua masyarakat agar terus produktif di masa pandemi Covid-19 yang tentunya dengan mematuhi protokol kesehatan. Ia juga berharap, semoga pandemi ini segera berakhir dan bumi lekas membaik.

Terakhir, Ia mengatakan, untuk rencana kedepannya, pihaknya akan melaksanakan lomba Siliwangi Monolog Event yang rutin setiap tahun diadakan dengan skala yang lebih luas dari tahun sebelumnya.*

 

Lihat juga : Simak Berbagai Video Menarik Lainnya Disini