Trending
Beberapa Kota di Suatu Negara Jadi Surganya Bagi Para Pecinta Buku

Beberapa Kota di Suatu Negara Jadi Surganya Bagi Para Pecinta Buku

Minggu, 08 Agustus 2021 09:42 Rizky destinasi


 

Koropak.co.id - Diketahui bahwa membaca merupakan kegiatan yang paling menyenangkan bagi para pecintanya. Dengan gemar membaca, tentunya akan banyak pula ilmu dan pengetahuan yang didapatkan. Selain itu, bangsa yang para penduduknya gemar membaca juga lebih cepat maju dibandingkan dengan yang kurang atau tidak sama sekali.

Sehingga tidak mengherankan apabila buku menjadi salah satu yang paling dicintai oleh masyarakat suatu negara tersebut. Bahkan, diketahui juga ada beberapa kota di dalam suatu negara dijuluki sebagai surganya para pecinta buku atau book lovers. Berikut beberapa kota di suatu negara yang menjadi surganya bagi para pecinta buku sebagaimana dihimpun Koropak, Sabtu (7/8/2021).

1. Jimbocho, Jepang
Jepang merupakan salah satu negara maju di kawasan Asia yang memiliki budaya membaca yang sangat tinggi. Sehingga tidak ayal, Jepang pun dijuluki sebagai surganya para pecinta buku. Bagi kalian pecinta buku, bisa berkunjung ke distrik Jimbocho yang berada di kawasan Chidoya. Distrik Jimbocho ini sendiri merupakan pusatnya toko buku sekaligus menjadi pusat percetakan buku, toko seni, dan toko antik.
Bahkan Kelompok pecinta buku dan sastra di Jepang juga memiliki tempat berkumpul khusus di distrik Jimbocho.

2. Hay-on-Wye, Wales
Kota kecil yang berada di perbatasan Inggris ini merupakan surganya para pecinta buku. Hye-on-Wye ini tepatnya berada di pinggiran sungai Wye di Powys, Wales. Meskipun disebut kota kecil, akan tetapi daerah ini dijuluki sebagai surganya para pecinta buku dan banyak sekali toko buku yang tersebar di daerah tersebut.

 

Baca : Batu-Batu Unik yang Mirip Hewan Raksasa di Berbagai Belahan Dunia

3. Mundal, Norwegia
Kota kecil nan Indah di Norwegia ini juga mempunyai koleksi buku yang melebihi jumlah penduduknya. Seperti yang disebutkan dalam laman Travel and Traisure, Mundal merupakan kota terpencil yang dihuni oleh 280 jiwa. Akan tetapi, ada lebih dari 150.000 buku yang ada di sana. 
Sehingga tidak ayal, Mundal seringkali dijuluki sebagai The Norwegian Booktown alias Kota Buku Norwegia.

4. Paju, Korea Selatan
Korea Selatan juga mempunyai kawasan yang dijuluki sebagai surganya para pecinta buku yang tepatnya berada di Kota Paju, bahkan kawasan ini diberi nama sebagai Paju Book City. Kawasan tersebut ternyata memang dibangun khusus oleh pemerintah Korea Selatan sebagai Industri buku negara itu. Tercatat, sekitar 250 penerbit buku yang setiap harinya melakukan berbagai aktivitas, perpustakaan-perpustakaan, hingga kafe buku. Diketahui, Forest of Wisdom adalah salah satu perpustakaan besar yang berada di Paju Book City dan lebih dari 200.000 koleksi buku ada di perpustakaan itu.

5. Frankfurt, Jerman
Bisa dikatakan membaca merupakan bagian dari kehidupan sehari-hari penduduk di negara Jerman. Sehingga, tidak ayal apabila Jerman juga bisa dijuluki sebagai surganya para pecinta buku, khususnya di Kota Frankfurt. Bahkan diketahui, Jerman sendiri memiliki kegiatan besar yang khas dan berkaitan dengan buku. Apalagi kalau bukan Frankfurt Buchmesse atau Frankfurt Book Fair. Pameran Buku Fankrurt ini merupakan pameran perdagang buku internasional terbesar di dunia. Acara tahunan ini berlangsung selama lima hari pada bulan Oktober dan biasanya diselenggarakan di Frankfurt Trade Air, Jerman.

6. Berbagai kota di Indonesia
Indonesia juga ternyata dijuluki sebagai surganya para pecinta buku. Meski survei mengatakan Indonesia berada di tingkat terendah dalam hal literasi membaca, namun negara Kepulauan ini juga memiliki banyak tempat khusus untuk para pecinta buku. Tercatat, banyak perpustaakan, toko hingga kafe buku yang tersebar luas di berbagai kota di Indonesia. Contohnya seperti Pasar Kenari yang dijadikan sebagai sentra belanja buku di Jakarta, Kineruku sebagai surga para pecinta buku sekaligus kopi yang berada di Bandung dan masih banyak lagi.*

 

Lihat juga : Simak Berbagai Video Menarik Lainnya Disini

 

Berita Terkait