Trending
Rumpun Padalangan DKKT Gelar Petunjukan Wayang dengan 3 Dalang Sekaligus

Rumpun Padalangan DKKT Gelar Petunjukan Wayang dengan 3 Dalang Sekaligus

Senin, 30 Agustus 2021 14:20 Eris Kuswara Mice


 

Koropak.co.id - Rumpun Padalangan Dewan Kesenian Kota Tasikmalaya (DKKT) menggelar Lakon Lodrapati Perlaya bersama 3 Dalang yang dilaksanakan Jalan Paseh Gang Cigaraja II RT/RW 03/15 Kelurahan Tuguraja Kecamatan Cihideung Kota Tasikmalaya, Sabtu (28/8/2021) malam.

Tercatat, 3 Dalang yang tampil dalam kegiatan tersebut meliputi Dalang Fariz Robiyansyah dari Giri Tunggal, Dalang A Gunawan Wibiksana dari Surya Giri Buana dan Dalang Yopi Firmansyah dari Sabda Petala. Selain itu, diketahui juga bahwa kegiatan Rumpun Padalangan DKKT tersebut juga merupakan rangkaian dari kegiatan Kibar Budaya Jilid VI DKKT.

Wakil Ketua I DKKT sekaligus Penjab Kibar Budaya Jilid 6, Hendra J. Rustandi mengatakan, untuk gelaran kibar budaya jilid 6 yang dilaksanakan pada Sabtu (28/8/2021) yakni menggelar pertunjukan wayang dari rumpun padalangan. Selain itu, dalam pertunjukan wayang tersebut menampilkan 3 dalang sekaligus.

"Acara pertunjukan wayang tersebut juga digelar rumpun padalangan dengan bekerjasama Karang Taruna warga RW 15 Kelurahan Tuguraja Kecamatan Cihideung Kota Tasikmalaya. Kegiatan tersebut juga digelar dalam rangka syukuran ulang tahun kemerdekaan RI ke-76," kata Hendra saat dikonfirmasi Koropak, Minggu (29/8/2021).

 

Baca : Rangkaian Kibar Budaya Jilid 6, Rumpun Photography Gelar Workshop

Ia menambahkan, sebelumnya DKKT sudah me-reschedule atau melakukan penjadwalan ulang kegiatan Kibar Budaya dari Rumpun-Rumpun yang ada di DKKT menyesuaikan dengan aturan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dari pemerintah. Akan tetapi, rumpun padalangan sudah terlanjur mengikat kerjasama dengan karang taruna setempat dan masuk dalam rangkaian kegiatan tujuhbelasan. Sehingga kegiatan pun dilaksanakan sesuai dengan jadwal sebelumnya.

"Insyaallah jika PPKM level 3 di Kota Tasikmalaya sudah menurun ke level 2 dan menyesuaikan intruksi dari Tim Gugus Tugas Covid-19 Kota Tasikmalaya, rencananya rumpun pertunjukan rakyat akan menggelar kegiatan di Kampung 9 Urug Kawalu Tasikmalaya dalam waktu dekat. Pada intinya kami masih menunggu konfirmasi dari tim gugus tugas dan pemerintahan setempat," ucapnya.

Pihaknya pun berharap situasi bisa kembali normal, sehingga para seniman dan budayawan bisa kembali berkegiatan secara normal tanpa adanya batasan, salah satunya melalui rangkaian Kibar Budaya Jilid 6 DKKT.*

 

Lihat juga : Simak Berbagai Video Menarik Lainnya Disini

 

Berita Terkait