Trending
Miliki Jiwa Sosial dan Kemanusiaan Tinggi? Yuk Gabung Komunitas Relawan Ini

Miliki Jiwa Sosial dan Kemanusiaan Tinggi? Yuk Gabung Komunitas Relawan Ini

Rabu, 01 September 2021 14:06 Rizky Komunitas


 

Koropak.co.id - Kamu memiliki jiwa sosial yang tinggi? ingin berkontribusi dalam membantu sesama? Mungkin kamu bisa bergabung bersama komunitas relawan di Indonesia, bisa dijadikan sebagai pilihan sambil mengisi waktu luangmu agar lebih bermanfaat.

Selain itu, bergabung ke dalam komunitas sebagai relawan juga ternyata bisa menambah wawasanmu. Oleh karena itu, berikut beberapa komunitas relawan di Indonesia yang bisa di jadikan sebagai pilihan sebagaimana dihimpun Koropak, Rabu (1/9/2021).

1. Ketimbang Ngemis

Ketimbang Ngemis merupakan sebuah komunitas sosial yang dibentuk oleh sekelompok anak muda pada tahun 2015. Komunitas ini hadir untuk memberikan apresiasi sekaligus membantu orangtua yang masih berusaha untuk mencari nafkah demi dirinya dan keluarga tercinta, meskipun dalam keterbatasan fisik dan usia, mereka menolak untuk mengemis. Sejumlah program yang dijalankan anggota komunitas relawan di Indonesia yang satu ini adalah berupa donasi setiap bulan.

2. Sahabat Indonesia Berbagi

Sahabat Indonesia Berbagi merupakan sebuah komunitas relawan di Indonesia yang fokus pada gerakan sosial untuk membantu sahabat-sahabat yang kurang mampu. Komunitas ini memiliki beberapa program atau kegiatan yang biasa dilakukan, seperti mengadakan perkumpulan bersama adik-adik yang kurang mampu untuk bisa membangkitkan motivasi dan inspirasi mereka dalam menggapai mimpi, memberikan edukasi melalui media audio visual untuk memberikan gambaran kepada anak-anak mengenai wawasan dan ilmu pengetahuan baru dan masih banyak lagi.

 

Baca : Berawal dari Hobi, Kini Komunitas Gares Aktif di Berbagai Kegiatan Sosial

3.Indonesia Berkebun

Sesuai dengan namanya, Indonesia Berkebun merupakan salah satu komunitas relawan di Indonesia yang fokus pada rasa kepedulian atas lingkungan, terutama di wilayah perkotaan dengan program urban farming. Urban farming itu sendiri dapat diartikan sebagai pemanfaatan lahan tidur yang diubah menjadi lahan perkebunan produktif yang dijalankan oleh bantuan masyarakat sekitar.

4. Sahabat Bicara

Komunitas ini diketahui peduli terhadap isu kesehatan mental, kesetaraan gender dan perempuan hingga membantu proses pemulihan para penyintas atau survivor kekerasan dalam hubungan pacaran. Didirikan pada 12 Maret lalu, komunitas ini bertindak sebagai support system bagi para penyintas dengan mengusung kampanye #pedulimendengar.

5. Koalisi Pemuda Hijau Indonesia (Kophi)

Koalisi Pemuda Hijau Indonesia merupakan sebuah komunitas relawan di Indonesia yang fokus kepada gerakan untuk melestarikan lingkungan hidup yang ada di Indonesia. Didirikan pada 28 Oktober 2010 dan diresmikan pada 30 Oktober 2010, salah satu komunitas relawan di Indonesia ini memiliki harapan untuk bisa menjadi wadah bagi para generasi muda yang ingin menjadi bagian dari solusi masalah perubahan iklim hingga dapat bergerak untuk melakukan tindakan secara kolektif guna terciptanya lingkungan lestari.*

 

Lihat juga : Simak Berbagai Video Menarik Lainnya Disini