Trending
Rekomendasi Wisata Alam Hutan Untuk Manjakan Mata

Rekomendasi Wisata Alam Hutan Untuk Manjakan Mata

Kamis, 02 September 2021 09:26 Aisya Kartika destinasi


 

Koropak.co.id - Indonesia memang terkenal dengan keanekaragaman dalam segala hal, mulai dari agama, suku, bahasa , flora dan fauna, hingga destinasi wisata alamnya. Selain wisata perairan yang memang menjadi sasaran wisata masyarakat Indonesia. Hutan pun menjadi salah satu destinasi yang banyak diminati para turis. Pasalnya paru paru bumi di wilayah Indonesia memang selalu menawan dan memikat pengunjung untuk menikmati sensasi kesejukan alam.

Membahas mengenai destinasi wisata alam hutan, Kamu mungkin akan tertarik dengan daftar hutan paling indah di Indonesia ini, yang bisa saja menjadi inspirasi liburanmu.

1. Alas Purwo

Hutan ini merupakan hutan tertua yang ada di Indonesia. Selain itu, Taman Nasional Alas Purwo merupakan salah satu kawasan yang menjad tempat tinggal bagi ratusan jenis flora dan fauna.

Jika kamu berminat mengunjungi tempat yang satu ini , Hutan dengan luas sekitar 43.420 Hektar dan terbagi menjadi beberapa zona bagian ini, terletak di ujung tenggaea Pulau Jawa, yakni Banyuwangi, Jawa Timur.

Meski memang diselimuti banyak misteri, dan mitos disana masih terkenal cukup kental. Namun, Kamu tidak perlu khawatir. pasalnya hal hal buruk yang dipercaya tidak selalu menimpa pengunjung.

Tentu saja, sebagai pengunjung, sebaiknya Kamu tetap menuruti peraturan yang ada, menjaga lisan, dan sikap ya.

2. Leuweung Sancang

Hutan ini merupakan salah satu cagar alam dan hutan konservasi di Indonesia yang bertaraf Internasional yang belum tersentuh oleh fasilitas pariwisata secara khusus.

Leuweung sancang sebenarnya hutan yang masih alami, dengan kualitas air dari hutan pantai yang masih bersih disertai pepohonan yang cukup lebat. Di hutan ini, jika Kamu beruntung mungkin kamu dapat bertemu dengan salah satu primata langka yakni Owa Jawa.

Perlu kamu ketahui juga, bahwa hutan Leuweung Sancang memiliki luas sekitar 2.913 hektar dengan kurang lebih 9 polisi hutan. Tidak dapat dipungkiri hutan ini juga terkenal akan sejarah juga mitos akan mistiknya, dikarenakan banyak orang yang percaya disinilah Prabu Silliwangi menghilang.

 

Baca : Pantai Sindangkerta Cipatujah

3. Alas Baluran

Hutan yang satu ini dikenal dengan Taman Nasional Baluran. Wilayah ini merupakan kawasan yang digunakan khusus untuk melindungi berbagai macam ekosistem flora dan fauna.

Kawasan dengan luas kurang lebih 25.000 hektar ini terletak di Banyuwngi, Jawa Timur. Dengan keindahan yang memang memikat banyak pengunjung dan padang rumput yang sangat luas, kawasan ini juga mendapat julukan "Little Africa in Java".

Uniknya ketika Kamu berkunjung kesini saat musim penghujan, Kamu akan disuguhkan pesona hijaunya pepohonan. Tetapi,bila wisatawan datang pada musim kemarau, wisatawan akan dihibur dengan kondisi pepohonan yang gersang.

4. Hutan Lumut Gunung Singgalang

Jika Kamu pernah menonton film The Lord of The Rings atau The Hobbit, mungkin kamu akan langsung terkagum dan merasa berada di lokasi shooting film tersebut ketika memasuki kawasan hutan yang satu ini.

Sesuai dengan namanya, hutan yang penuh dengan lumut ini terletak di Sumatra Barat. Sebuah kawasan wisata alam yang tentunya akan memanjakan mata para pengunjungnya karena keunikan dari pepohonan yang ada.

Sebenarnya Hutan Lumut bukanlah objek wisata alam. Kawasan satu ini merupakan tempat jalur untuk pendakian menuju Gunung Singgalang melalui jalur perkampungan Pandai Sikek.

Selain itu, jika kamu sanggup melanjutkan perjalanan kurang lebih 15 menit lamanya dari hutan lumut menuju puncak gunung Singgalang, Kamu akan dimanjakan dengan keindahan Telaga Dewi.

5. Hutan Pinus Kragilan

Bagi pecinta drama Korea, pasti sudah tidak asing lagi dengan Nami Island yang tentuna menjadi lokasi wisata drama terpopuler Winter Sonata.

Jika Kamu tahu keindahan pulau yang satu ini, Kamu juga dapat merasakan keindahan suasana yang serupa di Indonesia. Tepatnya, Kamu harus mengunjungi Hutan Pinus Kragilan, Pakis, Magelang, Jawa Tengah.

Kamu juga akan dimudahkan dengan track perjalanan yang mudah, karena sepanjang jalan top selfie Hutan ini meski menanjak dan tidak ada kendaraan umum, namun jalanan tersebut telah di aspal.*

 

Lihat Juga : Simak Berbagai Video Menarik Lainnya Disini

 

Berita Terkait