Trending
Kaulinan Baheula Bukan Permainan Biasa, Ada Pelajaran dan Filosofi Kehidupan

Kaulinan Baheula Bukan Permainan Biasa, Ada Pelajaran dan Filosofi Kehidupan

Minggu, 05 September 2021 08:04 Suwitno Tradisi


 

Koropak.co.id - Kepala Bidang Kebudayaan Disparbud Kabupaten Bandung Barat Usup Suherman mengatakan, budaya kaulinan baheula bukan hanya permainan biasa, namun mengajarkan nilai-nilai filosofi kehidupan yang sengaja ditanamkan sejak dini.

"Kaulinan baheula cenderung memanfaatkan fasilitas lingkungan dengan area yang cukup luas. Hal ini memiliki nilai ekonomi dalam pelaksanaan hiburan," katanya, kepada Koropak, sabtu (4/9/2021).

Ia menjelaskan, kaulinan barudak sunda memiliki nilai yang kolektif. Hal itu bisa dilihat dari pelaksanaan permainan tersebut yang selalu melibatkan banyaknya orang untuk bermain.

Usup berkata, dalam permainan barudak sunda ada beberapa aspek yang menyimpan nilai yang luhur selain untuk hiburan juga untuk orientasi kreativitas motorik tanpa mempertimbangkan aturan-aturan yang terikat, serta nilai-nilai yang berhubungan dengan aspek sosial, reaksi, dan edukasi.

 

Baca : Tak Hanya Menghibur, Ini Manfaat Lain Membacakan Dongeng untuk Anak

"Kaulinan baheula sangat baik karena ada banyak aspek positif yang terkandung di dalamnya, seperti kreativitas dan kebersamaan," ujarnya.

Pihaknya mengaku terus berupaya agar kaulinan baheula bisa dilestarikan. "Kita tengah menginventarisir jenis-jenis permainan tradisional yang ada, yakni permainan yang sudah langka yang harus mulai dilestarikan, direvitalisasi, direkonstruksi dan dikembangkan," terangnya.

Menurut Usup, melestarikan kaulinan baheula ini merupakan hal yang sangat penting. Agar generasi muda saat ini bisa mengetahui dan tidak terlalu terpaku pada permainan modern. Termasuk menarik minat mereka terhadap permainan tradisional yang hampir punah ini.

"Ini warisan budaya yang sangat mahal," sambungnya. "Kita akan angkat permainan tradisional ini melalui Art Festival Kaulinan Lembur."

Namun sayangnya, kata dia, ditengah situasi pandemi Covid-19 begini tentu tidak memungkinkan dilaksanakan kegiatan festival yang bisa mendatangkan banyak orang. Namun untuk menyiasati kondisi ini, pihaknya berencana menggelar kegiatan tersebut secara virtual.

 

Lihat juga : Simak Berbagai Video Menarik Lainnya Disini

Berita Terkait