Trending
Sejumlah Mitos Pamali yang Sering Diamanatkan Orang Tua

Sejumlah Mitos Pamali yang Sering Diamanatkan Orang Tua

Kamis, 09 September 2021 19:42 Rizky Tradisi


 

Koropak.co.id - Masyarakat sunda sudah mafhum dengan istilah "Pamali." Pepatah orang tua jaman dulu, yang turun temurun melalui lisan ke lisan, menjadi adab yang dipegang kuat dalam keseharian.

Orang sunda tentu memerhatikan pantangan atau pamali ini. Memang pantangan-pantangan ini jika ditelaah seksama, sangat elok jika dipatuhi. Masih relevan dengan era kekinian.

Seringkali kita ketahui banyak hal yang dilarang untuk dilakukan menurut orang tua zaman dulu, bahkan kerap kali dikait-kaitkan pada perkara yang sifatnya mistis.

Banyak larangan yang biasa dinasehatkan orang tua. Seperti larangan menyapu di malam hari, jangan menyisir rambut malam hari, bahkan hingga larangan duduk di depan pintu. Benarkah hal itu tidak boleh dilakukan? Ataukah hanya sekedar mitos?

Menjawab itu, Koropak mencoba merangkum untuk para pembaca yang budiman. Simak penjelasannya berikut ini:

1. Tidur sore hari dapat mengalami gangguan jiwa, apakah itu benar? Bukan seperti itu, jika kamu tidur pada sore hari takutnya ketika malam hari kamu tidak mengantuk, sehingga kamu akan bergadang dan akan menjadi kebiasan buruk yang akan mengganggu aktivitas siang kamu. Harus jujur juga, jika tidur pada sore hari seringkali pusing dan badan tidak nyaman saat bangun.

2. Jangan menyapu di malam hari, nanti rezekinya hilang. Sebenarnya bukan berarti setiap orang yang menyapu malam hari rezekinya akan hilang, tapi, pada zaman dulu tidak ada listrik sehingga keadaan rumah gelap maka dari itu jika menyapu pada malam hari, takutnya ada barang yang ikut tersapu atau terbuang.

 

Baca : Tujuh Hal Yang Harus Dihindari Saat Turun Gunung

3. Tidak boleh duduk di depan pintu, nanti susah dapet jodoh. Padahal bukan disitu permasalahannya, duduk di depan pintu dapat menghalangi orang yang mau lewat, makanya tidak boleh duduk di depan pintu.

4. Bersiul malam-malam dapat mendatangkan hantu. Untuk nasehat yang satu ini, kita tentu paham ya jika malam malam hari adalah waktunya tidur dan istirahat. Jaman sekarang saja tentu tidak elok jika bersiul di malam hari. Mengganggu orang lain yang sedang tidur!

5. Menyisir rambut sama dengan mengundang hantu, apakah benar? Sebenarnya bukan pada menyisir rambutnya, tapi memang ada satu ritual untuk mengundang hantu dengan cara menyisir rambut. Tapi bukan hanya itu, masih ada beberapa hal yang harus dilakukan untuk mengundang hantu datang. Jadi, bukan hanya karena menyisir rambut ya.

Apakah larangan-larangan tersebut benar? atau hanya sekedar mitos? Benar atau tidaknya hal tersebut tetap harus kita hargai. Karna bagaimanapun, hal tersebut merupakan hal yang dipercayai orang tua sebelum kita.*

 

Lihat juga : Simak Berbagai Video Menarik Lainnya Disini

 

Berita Terkait