Trending
6 Fakta Lautan yang Penting Kamu Ketahui

6 Fakta Lautan yang Penting Kamu Ketahui

Sabtu, 18 September 2021 08:06 Aisya Kartika Legenda


 

Koropak.co.id - Misteri mengenai lautan memang selalu hadir menghantui para Ilmuan. Sebanyak 70 persen permukaan Bumi yang diselimuti lautan jadi hal yang menarik untuk diteliti.

Namun percaya atau tidak, bahwa hingga saat ini baru sebesar 5 persen lautan yang telah dieksplorasi. Artinya, masih sangat luas lautan kita belum di jamah oleh manusia.

Tentu saja, itu hanya sebagian kecil dari luasnya lautan. Dan berikut ini adalah beberapa fakta misteri lautan yang telah terungkap dan jarang orang ketahui.

1. Organisme Laut Membuat Cahaya Sendiri

Di dasar lautan yang gelap dan tidak terkena cahaya matahari, ternyata banyak sekali organisme laut yang menghasilkan cahaya sendiri yang dikenal dengan bioluminescence untuk bertahan hidup.

Beberapa spesies yang memiliki kemampuan ini adalah cacing dan krustasea kecil, juga beberapa ikan di bagian depan mulutnya dengan fungsi untuk menarik perhatian mangsanya.

2. Penghasil Oksigen Terbesar adalah Lautan

Selama ini mungkin kamu menganggap bahwa pohon menyumbang oksigen paling banyak. Namun ternyata kamu salah, karena pohon di bumi ini hanya menghasilkan 20 persen oksigen saja.

Penghasil oksigen terbesar berasal dari lautan, mengapa bisa?. Perlu kamu tahu bahwa fitoplankton yang ada di laut adalah penhasil oksigen terbesar.

Fitoplankton menghasilkan sekitar 50 - 85 persen oksigen dalam satu tahun. Fitoplankton sendiri merupakan jenis plankton yang sering disebut dengan mikroalga dan dapat melakukan fotosintesis.

 

Baca : Merinding, Inilah Kota Gaib yang Tidak Ada di Peta Tapi...

3. Tekanan di Palung Mariana 1000 Kali Lebih Kuat

Palung mariana merupakan titik terdalam Bumi yang mencapai hampir 11 ribu meter dalamnya.

Tekanan pada dasar palung mariana mencapai 1000 kali lebih kuat dibandingkan dengan tekanan pada atmosfer standar.

Jika kamu menyelam tanpa perlengkapan yang memadai, tentu saja kamu dapat dengan mudah hancur dibawah tekanan tersebut.

Di tahun 2012, James Cameron pernah menyelam selama 2.5 jam untuk mencapai dasar Palung Mariana. Meski perjalanannya sukses, namun tetap saja beberapa bagian dari kapal selam berbentuk torpedo tersebut mengalami kerusakan karena tekanan yang kuat.

4. Air Terjun dan Gunung Berapi Bawah Laut

Unik memang, ternyata gunung berapi juga air terjun tak selalu berada di atas permukaan laut ataupun nampak ke atas permukaan laut. Namun, dibawah laut pun ternyata dapat kamu jumpai.

Air terjun Katarak Selat Denmark dapat kamu jumpai di Samudra Atlantik dan memiliki ketinggian mencapai 11.500 kaki atau sekitar 3.505 meter, yang menjadikan air terjun ini merupakan air terjun bawah laut tertinggi.

Gunung Stromboli di Italia, juga massa vulkanik paling aktif di dunia yakni Kilauea di Hawai merupakan bagian dari banyaknya gunung berapi dibawah laut.

Bahkan salah satu letusan gununng berapi bawah laut sempat didokumentasikan oleh kapal selam tanpa awak pada tahun 2009.

dokumentasi tersebut merupakan penampakan dari letusan gunung West Mata yang merupakan gunung api terdalam di dunia.

5. Sungai dan Danau Bawah Laut

Tidak hanya dalam serial kartun, namun keberadaan sungai di dalam laut memang benar adanya.

Sungai bawah laut terbentuk dari pertemuan air asin dengan hidrogen sulfat yang menjadi sebuah lapisan yang lebih padat dibandingkan air sekitarnya.

Kamu dapat menjumpai sungai bawah laut yang cukup terkenal di Semenanjung Yukatan, Meksiko. Kamu dapat menemukan sungai bawah laut yang bernama Cenote Angelita pada kedalaman 18 meter.

6. Lautan Mengandung Banyak Emas

Fakta yang satu ini cukup menakjubkan. Pasalnya lautan di bumi ini ternyata mengandung 20 juta ton emas.

Menurut perkiraan dari National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA), emas yang terkandung di lautan ini, jika dapat diekstrak lalu dibagikan pada penduduk dunia, maka masing masing dapat memperoleh kurang lebih 4 kilogram emas.

Namun, emas tersebut memang tidak berbentuk bongkahan, melainkan larut bersama air sehingga nyaris tak nampak.

 

Lihat juga : Simak Berbagai Video Menarik Lainnya Disini

 

Berita Terkait