Trending
5 Museum Bawah Laut yang Cocok Jadi Tujuan Destinasi Pilihanmu

5 Museum Bawah Laut yang Cocok Jadi Tujuan Destinasi Pilihanmu

Kamis, 23 September 2021 15:16 Aisya Kartika destinasi


 

Koropak.co.id - Museum merupakan tempat dimana kamu dapat menemui benda-benda bersejarah. Kamu dapat mengetahui banyak infomasi mengenai masa lalu.

Tak hanya benda benda bersejarah, kamu juga dapat menemukan kumpulan beragam koleksi yang dikumpulkan dalam satu tempat. Beragam jenisnya. Berbagai informasi dan sekaligus inspirasi bisa kamu dapatkan dalam museum.

Pada umumnya, kita menjumpai museum berupa bangunan atau gedung. Namun bagaimana jika kamu menemukan museum dengan nuansa yang berbeda, lokasinya di bawah laut.

Jika kamu tertarik dengan museum di bawah laut, berikut ini Koropak sajikan museum antimainstream.

1. Museo Atlantico Lanzarote

Tempat ini merupakan museum seni bawah air pertama di Eropa, dan terletak di Samudera Atlantik, yakni di Cagar Biosfer Unesco Lanzarote, Spanyol.

Disini kamu dapat menemukan sekitar 300 patung karya Jason deCaires Taylor, yakni seorang seniman ternama. Patung patung ini ditempatkan di area dasar laut dengan luas 50 x 50 meter.

Kamu akan menyaksikan patung - patung yang menggambarkan keseharian manusia, dimana hal ini juga ditujukan untuk meningkatkan kesadaran tentang isu - isu kelautan.

 

Baca : 6 Fakta Lautan yang Penting Kamu Ketahui

Tak hanya ikan hiu malaikat yang langka saja, ternyata tempat ini juga kerap dikunjungi oleh sekumpulan barakuda dan ikan sarden, gurita, pari kupu-kupu, dan spons laut.

Jika kamu hendak kemari, destinasi wisata ini dapat diakses oleh penyelam dan perenang snorkel atau dari perahu glass bottom.

2. Museo Subacuatico de Arte

Museum yang satu ini terletak di Cancun Meksiko, tempat yang satu ini merupakan museum dengan seni kontemporer bawah air.

Disini kamu dapat menjumpai lebih dari 500 figur pahatan yang didasarkan pada manusia sungguhan. Pendiri dari museum ini adalah González Cano, Roberto Díaz Abraham, dan Jason deCaires Taylor, dimana meraka adalah pematung asal Inggris.

Untuk mengunjungi musium yang satu ini, kamu dapat berkunjung melalui perahu berlantai kaca, dengan snorkeling atau menyelam. Kamu juga dapat memilih untuk menikmati nuansa museum baik malam atau siang hari.

3. The Baiheliang Underwater Museum

Jika kamu berkunjung ke museum yang satu ini kamu akan disuguhkan sebuah galeri yang berada 40 meter di bawah permukaan sungai Yangtze dan patung ikan batu yang diukir oleh Zhang Shifan, pejabat setempat, pada tahun 1813.

Museum yang terletak di Kabupaten Fuling, Pemerintah Kota Chongqing, Tiongkok ini, merupakan museum yang menampung sejumlah prasasti hidrologi tertua di dunia.

4. Baia Underwater Park

Pada zaman Romawi Kuno, tempat ini menjadi lokasi kesehatan dan liburan yang cukup berkembang.

Terjadinya fenomena alam di wilayah tersebut menyebabkan tenggelamnya sebagian dari reruntuhan penting, seperti pemandian kaisar, mosaik berharga, patung patung, hingga lantai marmer dapat kamu temui di musium bawah air ini.

Ada 7 lokasi bawah laut, mulai dari kedalaman 5 hingga 13 meter, oleh karena itu tempat ini cocok untuk kamu yang suka snorkeling, scuba diving dan try scuba yakni diving untuk pemula.

5. Parthenon of Underwater Museum

Museum yang terletak di lepas pantai Pulau Alonissos, Yunani ini merupakan sebuah bangkai kapal yang dipenuhi oleh amphorae dari abad ke 5.

Museum ini terletak pada kedalaman 21 - 8 meter di dekat pantai Pulau Peristera. Di sini kamu dapat menjumpai 3.000 hingga 4.000 amphorae.

Jika kamu berniat mengeksplorasi museum ini, kamu harus memiliki keterampilan menyelam yang cukup baik tentunya.

Itulah beberapa destinasi museum yang cocok untuk kamu kunjungi di liburanmu selanjutnya.*

 

Lihat juga : Simak Berbagai Video Menarik Lainnya Disini

 

Berita Terkait