Trending
Inilah 12 Dewa Penguasa Olimpus dari Mitologi Yunani

Inilah 12 Dewa Penguasa Olimpus dari Mitologi Yunani

Selasa, 28 September 2021 17:28 Aisya Kartika Legenda


 

Koropak.co.id - Apakah kamu pernah mendengar hal-hal mengenai mitologi Yunani? Jika pernah, mungkin kamu sudah tidak asing lagi dengan beberapa dewa yang termasuk dalam mitologi Yunani.

Namun, jika kamu belum mengetahui apa itu mitologi Yunani, ini merupakan sekumpulan mitologi juga legenda yang berasal dari Yunani Kuno, isinya mengenai kisah para dewa dan juga pahlawan dari Yunani.

Asal usul mengenai mitologi ini ialah berasal dari praktik peradaban Yunani kuno, perlu kamu ketahui bahwa mitologi Yunani ternyata bersifat mendunia.

Para Olympians atau dewa-dewi Yunani ini memiliki istana yang terdapat di Gunung Olimpus. Olympians terdiri atas 12 dewa dimana 6 dewa utama merupakan keturunan awal, dan 6 lainnya adalah keturunan Zeus.

Lalu siapa saja kah para Olympians terebut? Dikutip dari beberapa sumber, inilah 12 Dewa dalam mitologi Yunani kuno.

1. Zeus

Zeus dikenal sebagai Ayah dari para dewa, ia tinggal di Gunung Olimpus. Sebagaimana yang seringkali diceritakan pada film ataupun kartun, Zeus merupakan dewa langit dan petir. Zeus merupakan adik dari Hestia, Poseidon,Hades, Demeter dan Hera, jadi bisa dikatakan Zeus adalah anak bungsu dari titan Kronos dan Rhea.

2. Poseidon

Poseidon dikenal sebagai dewa penguasa laut, sungai dan danau alias dewa penguasa perairan, karena dipercaya Poseidon memiliki kuasa untuk mengendalikan air. Trisula merupakan senjatanya yang dapat menyebabkan banjir, tsunami hingga gempa bumi.

3. Ares

Bukan dewa keturunan murni atau asli, Ares merupakan anak dari Zeus dengan Hera yang masuk dalam 12 Dewa Olimpus. Ares juga dikenal sebagai dewa perang.

Pemikiran Yunani kuno meyakini, Ares merupakan dewa yang haus akan darah dan perwujudan dari pembunuhan. Ia memiliki dua pengawal utama yakni Fobos dan Deimos.

4. Hera

Hera dikenal sebagai dewi pernikahan dalam mitologi Yunani. Ia merupakan kakak sekaligus salah satu istri dari Zeus. Bersama Zeus, Hera memiliki 4 anak yakni, Ares (dewa perang), Hebe (dewi masa muda), Eris (dewi perselisihan), dan Eileithiia (dewi kelahiran).

5. Hermes

Hermes merupakan anak dari Zeus dan Maia yang menjadi salah satu dewa di Olimpus, ia merupakan dewa pembawa pesan dalam Mitologi Yunani. Hermes juga dikenal sebagai pelindung daerah perbatasan, para pengelana, gembala, pencuri, penipu, pidato, sastra dan puisi, olahraga, pengukuran, penemuan, dan perdagangan.

 

Baca : 5 Museum Bawah Laut yang Cocok Jadi Tujuan Destinasi Pilihanmu

6. Aphrodite

Aphrodite merupakan dewi cinta, seksualitas, kenikmatan, dan prokreasi juga kecantikan yang dipercaya oleh Mitologi Yunani, Selain itu ia juga merupakan salah satu dewi tertua, dan merupakan anak Uranus.

Namun kecantikannya, membuat para dewa takut bahwa Afrodit atau Aphrodite akan menimbulkan perpecahan di antara para dewa, karena itu Zeus menikahkan Afrodit dengan Hefaistos.

7. Athena

Dalam mitologi Yunani, Athena dikenal sebagai dewi kebijaksanaan, perang juga kerajinan tangan.

Menurut legendanya, Athena merupakan anak kesayangan Zeus dan ia diberkahi kekuatan oleh ayahnya, juga kepandaian dan kebijaksanaan dari ibunya.

8. Apollo

Apollo merupakan dewa keturunan Zeus yang menjadi dewa di Olimpus. Apollo merupakan anak dari Zeus dengan Leto, dan memiliki saudara kembar yakni Artemis.

Ia dikenal sebagai dewa cahaya, musik, pemanah, pengobatan, Matahari, dan penyair dalam mitologi Yunani dan mitologi Romawi.

9. Hephaestus

Dewa teknologi, pandai besi, pengrajin, pemahat, logam, metalurgi, api, dan gunung berapi ini merupakan putra dari Zeus dengan Hera.

Meski dikenal sebagai dewa yang pincang, namun ia sering membuat berbagai senjata yang sangat berguna bagi para dewa.

10. Artemis

Artemis merupakan dewi perburuan, alam liar, hewan liar, perawan, dan perbukitan. Tak hanya itu saja, ia juga dikaruniai kekuatan dalam membawa dan menghalau penyakit pada perempuan.

Ia dikenal sebagai dewi yang menolong dalam proses kelahiran. Artemis merupakan anak dari Zeus dan Leto, juga saudari kembar dari Apollo.

11. Hestia

Hestia merupakan dewi keturunan murni seperti Zeus, ia merupakan kakak dari Zeus dan anak tertua dari Kronos dan Rhea. Hestia adalah dewi perapian dan keluarga.

Tidak banyak informasi mengenai Hestia dalam mitologi dan satra kuno tetapi Hestia merupakan dewi yang penting dalam kebudayaan Yunani dan Romawi kuno.

12. Demeter

Demeter adalah dewi keturunan murni, anak dari Titan Kronos dan Rhea. Ia merupakan dewi kesuburan dan pertanian.

Sebenarnya posisi Demeter merupakan pengganti dari posisi Hades saudaranya, ia menggantikan Hades di Olimpus karena Hades lebih suka berada di dunia bawah.

Itulah 12 Olympians yang ada dalam kepercayaan Yunani Kuno. Bagaimana menurutmu? Apakah kamu suka cerita cerita mengenai Mitologi Yunani atau Romawi kuno?

 

Lihat juga : Simak Berbagai Video Menarik Lainnya Disini

 

Berita Terkait