Trending
UKM Teater 28 Unsil Tasikmalaya Menggelar Siliwangi Monologue Event

UKM Teater 28 Unsil Tasikmalaya Menggelar Siliwangi Monologue Event

Selasa, 05 Oktober 2021 15:32 Eris Kuswara Mice


 

Koropak.co.id - Setelah sukses di tahun 2020, kini Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Teater 28 Universitas Negeri Siliwangi (Unsil) siap mengulang lagi melalui kegiatan serupa, Siliwangi Monologue Event (SME) 2021 dengan mengusung tema "Mengeja Artikulasi Tubuh Pandemi."

Ketua UKM Teater 28 Unsil Tasikmalaya, M. Andrean Kusnadi mengatakan, SME merupakan program tahunan yang sering dilaksanakan oleh UKM Teater28 dengan tujuan untuk mewadahi ekspresi dari para pegiat teater.

"Sekaligus sebagai ajang mempererat silatutahmi antar kelompok teater yang ada," kata Andrean, saat berbincang bersama Koropak, Selasa, 5 Oktober 2021.

Andrean berkata, situasi saat ini belum kondusif karena pandemi Covid-19. Maka, untuk kegiatan SME tahun ini masih dilakukan secara virtual.

"Namun yang membedakannya, jika tahun sebelumnya cakupannya itu untuk tingkat mahasiswa se-Jawa Barat - Bali, untuk tahun ini ada peningkatan menjadi tingkat mahasiswa se-Nasional," imbuhnya.

Andrean menjelaskan, perancangan SME 2021 sudah disusun sejak pergantian kepengurusan yang biasanya dilakukan di awal tahun kepengurusan UKM Teater 28.

Akan tetapi, untuk persiapan sampai dengan diumumkannya pemenang SME 2021 ini kurang lebih ada waktu selama 4 bulan untuk mempersiapkan segala sesuatunya.

"SME 2021 ini mungkin yang masih menjadi kendala. Sehingga, apresiasi pementasan pun masih dilakukan secara daring atau virtual." jelasnya.

 

Baca : UKM Teater 28 Unsil Tasikmalaya Gelar Talkshow Naskah Pementasan Keliling 2021

Ia menambahkan, dengan segala keterbatasan dan hambatan yang ada, tidak menjadi batasan bagi pihaknya untuk terus produktif dalam hal apapun.

Oleh karena itu, dia berharap dengan adanya SME Se-Nasional ini, bisa menjadi ajang untuk tetap berekspresi dengan menjaga api kesenian. Khususnya dalam ranah pementasan teater di mana pun berada dan bagaimana pun kondisinya.

"Semoga SME di tahun berikutnya UKM Teater 28 bisa menyelenggarakan agenda yang dimana kelompok teater bisa berkumpul, pentas, dan saling mengapresiasi secara langsung," tambahnya.

Ketua Pelaksana SME 2021, Ai Siti Mardiah mengatakan, selain merupakan program tahunan yang dilaksakanan oleh UKM Teater 28, SME kali ini juga adalah yang kelima kalinya digelar UKM Teater 28.

"SME 2021 bertujuan untuk membangkitkan kembali semangat berkesenian di masa pemulihan pandemi Covid-19," katanya.

SME 2021 akan dilaksanakan secara daring dengan timeline meliputi pendaftaran yang dimulai sejak 24 September hingga 14 Oktober 2021.

Kemudian pengumpulan video pada 14 November 2021, penunggahan video ke Channel YouTube Teater 28 pada 18 November 2021 dan pengumuman kejuaraan pada 25 November 2021 mendatang.

Ai Siti menambahkan, SME 2021 yang diadakan Teater 28 kali ini berskala nasional dengan target peserta sebanyak 50 peserta yang diharapkan mewakili daerah-daerah di Indonesia.

Ia menyebutkan, untuk mengikuti kegiatan ini, peserta bisa mengakses informasi pendaftarannya di link yang tertera di bio Instagram @ukmteater28 mulai dari informasi mengenai petunjuk teknis lomba, naskah-naskah hingga gform pendaftaran.

Dalam kejuaraan ini, panitia akan mengambil 4 juara yang meliputi Juara Pertama atau Juara Umum dengan hadiah Rp 2,5 juta, Juara Kedua Rp 1,5 juta, Juara Ketiga Rp 1 juta dan Juara Favorit yang akan mendapatkan hadiah menarik.

"Masing-masing pemenang juga akan turut mendapatkan trofi dan piagam," tambahnya.*

 

Lihat juga : Simak Berbagai Video Menarik Lainnya Disini