Trending
Inilah 5 Museum Tertua di Indonesia

Inilah 5 Museum Tertua di Indonesia

Selasa, 12 Oktober 2021 14:42 Aisya Kartika destinasi


 

Koropak.co.id - Tepat hari ini, Selasa 12 Oktober 2021, merupakan momentum peringatan Hari Museum Nasional.

Ketetapan peringatan ini diambil dalam kegiatan Musyawarah Museum se-Indonesia, pada 12 Oktober 2015 di Malang, Jawa Timur.

Hai, apakah kamu sudah tahu usia dari museum - museum yang ada di Indonesia?

Kira kira museum mana saja yang sudah lama berdiri di republik ini?

Nah, berikut ini Koropak sajikan 5 museum tertua yang ada di Indonesia.

1. Museum Wayang

Bangunan yang satu ini berdiri sejak tahun 1640 dan diresmikan menjadi Museum Wayang pada tahun 1975, jika dihitung hingga tahun 2021 maka bangunan ini sudah berdiri selama 381 tahun dan resmi menjadi museum selama 46 tahun.

Di sini kamu dapat menikmati berbagai jenis dan bentuk wayang dari seluruh penjuru Indonesia, baik yang terbuat dari kayu, kulit, dan bahan - bahan lainnya.

Dilansir dari Wikipedia, saat ini tercatat bahwa Museum Wayang mengoleksi lebih dari 4.000 buah wayang, yang terdiri dari wayang kulit, wayang golek, wayang kardus, wayang rumput, wayang janur, dan lainnya.

2. Museum Bahari

Museum ini dibangun secara bertahap dari tahun 1652 hingga 1771. Di sini kamu dapat melihat koleksi - koleksi yang disimpan yang terdiri dari beragam jenis perahu tradisional dengan aneka bentuk, gaya hingga ragam hias juga kapal zaman VOC.

Tak hanya itu, museum yang berada dalam naungan pengawasan dari Dinas Kebudayaan Pemuseuman Provinsi DKI Jakarta ini, mengoleksi beragam biota laut, data-data jenis juga sebaran ikan di perairan Indonesia.

 

Baca : 5 Museum Bawah Laut yang Cocok Jadi Tujuan Destinasi Pilihanmu

Tak kalah menarik, di museum ini juga ada aneka perlengkapan hingga cerita dan lagu tradisional dari para nelayan nusantara.

3. Museum Fatahillah

Museum Fatahillah atau Museum Sejarah Jakarta merupakan museum yang menyimpan perjalanan sejarah Jakarta.

Berbagai replika peninggalan masa Tarumanegara juga Pajajaran, dan masih banyak lagi sejarah yang tersimpan di dalamnya.

Museum yang berada di Taman Fatahillah, Jakarta Barat ini awalnya merupakan Balai Kota Batavia. Dan pada tanggal 30 Maret 1974 bangunan ini diresmikan sebagai Museum Sejarah Jakarta oleh Ali Sadikin.

4. Museum Nasional

Museum Nasional Indonesia atau yang dikenal pula dengan Museum Gajah merupakan bangunan yang mengoleksi beragam benda benda kuno dari seluruh nusantara.

Mulai dari arca, prasasti, benda-benda kuno dan juga barang kerajinan lainnya. Dapat dikatakan koleksi dari museum ini masuk dalam kategori etnografi.

Dilansir dari Wikipedia, cikal bakal Museum Nasional lahir pada 24 April 1778. Lokasi dari museum yang satu ini sekarang termasuk dalam bagian kompleks Sekretariat Negara.

5. Museum Bank Indonesia

Museum ini pertama kali dibangun pada tahun 1828. Museum ini menempati kawasan bekas gedung Bank Indonesia Kota yang juga suatu cagar budaya dengan aliran neo-klasikal.

Peresmian dari museum Bank Indonesia dilakukan dalam dua tahap, dimana pada tahap pertama soft opening dilaksanakan pada 15 Desember 2006, dan tahap kedua yakni grand opening oleh Presiden RI 2009 yakni Susilo Bambang Yudhoyono pada 21 Juli 2009.

Itulah beberapa museum- museum tertua di Indonesia, apakah kamu pernah mengunjungi museum-meseum tersebut?.*

 

Lihat juga : Simak Berbagai Video Menarik Lainnya Disini