Trending
Umat Hindu Hari Ini Rayakan Hari Deepavali

Umat Hindu Hari Ini Rayakan Hari Deepavali

Kamis, 04 November 2021 10:30 Eris Kuswara Tradisi


 

Koropak.co.id - Hari ini, Kamis 4 November 2021, Umat Hindu terutama yang berada di India tengah merayakan Hari Deepavali atau Hari Diwali.

Lalu, apa itu hari Deepavali?

Diketahui, Deepavali sendiri adalah festival cahaya atau lampu yang dirayakan umat Hindu di seluruh dunia terutama India.

Dilansir dari NDTV, festival ini dirayakan untuk menandakan kemenangan atas kegelapan, kebaikan atas kejahatan, dan harapan atas keputusasaan.

Perayaan ini berangkat dari kisah Ramayana dalam agama Hindu. Saat itu, Dewa Rama kembali ke Ayodhya setelah dirinya berhasil menyelesaikan pengasingan dan mengalahkan Rahwana.

Penduduk Ayodhya menyambutnya dengan menyalakan lampu diyas.

Hari kembalinya Dewa Rama ke Ayodhya itu pun akhirnya diperingati sebagai Deepavali.

Bagi Umat Hindu, hari ini dianggap sebagai hari yang membawa kebahagiaan dan kemakmuran.

 

Baca : Ragam Kegiatan di Hari Pahlawan

Sementara itu, dikutip dari Hindustan Times, peristiwa ini juga dirayakan setiap tanggal 15 bulan Kartik dalam kalender Hindu.

Sementara itu, di India sendiri diketahui terdapat sejumlah rangkaian perayaan Deepavali. Festival cahaya akan dimulai dengan Govatsa Dwadashi pada 1 November.

Govatsa Dwadashi merupakan hari untuk menyembah sapi. Setelah itu, hari ini dilanjutkan dengan Dhanteras dan waktu ini dipercaya sebagai waktu yang menguntungkan untuk melakukan pembelian.

Sebelum Hari Deepavali, orang-orang disana juga akan membersihkan rumah mereka untuk menghilangkan energi negatif dan menyambut energi yang positif.

Pada saat perayaan, orang-orang disana akan menyalakan lampu dan lilin di rumah atau tempat mereka berada untuk menyambut Dewi Lakhsmi yang melambangkan kekayaan, keberuntungan, dan kemakmuran.

Di Hari Deepavali juga umat Hindu akan melakukan sejumlah ritual Puja salah satunya adalah Lakhsmi Puja. Pada ritual ini, umat Hindu akan berdoa untuk kesejahteraan, kesehatan, dan kemakmuran.*

 

Lihat juga : Simak Berbagai Video Menarik Lainnya Disini