Trending
Waduh! Inilah 8 Iblis yang Namanya Eksis Dikenal Manusia Sedunia

Waduh! Inilah 8 Iblis yang Namanya Eksis Dikenal Manusia Sedunia

Jum'at, 05 November 2021 18:08 Aisya Kartika Legenda


 

Koropak.co.id - Iblis atau demon merupakan bentuk interpretasi kejahatan yang dilakukan olah manusia dalam sains.

Berbeda dengan pandangan sosial, budaya dan juga agama. Keberadaan iblis dikaitkan dengan kenyataan berupa wujud fisik yang mampu berinteraksi dengan alam manusia.

Sebagian kalangan ilmuwan percaya dengan keberadaan dan eksistensi dari iblis ini. Namun, tentu saja pandangan mereka sedikit berbeda dengan pandangan orang awam.

Terlepas dari itu semua, apakah kamu tahu bahwa banyak sekali nama-nama iblis yang cukup eksis dipercaya oleh manusia dan bahkan menjadi bagian penting dalam kultur manusia.

Dihimpun oleh Koropak dari berbagai sumber, berikut adalah nama-nama iblis yang dikenal oleh banyak manusia di seluruh dunia:

1. Mammon
Sosok iblis yang dikaitkan degan kekayaan dan harta dunawi ialah Mammon atau Mamon. Dalam Alkitab Perjanjian Baru, dalam agama Kristen dapat kamu temukan kata Mamon.

Tak sedikit para sejarawan dan kalangan akadenmisi yang yakin bahwa Mamon merupakan gambaran dari orang-oang yang tamak akan uang.

Terlepas dari kepercayaan orang beragama, ternyata Mamon ini dipercaya juga di kalangan orang sekuler bangsa Eropa, terutama di era abad pertengahan.


2. Azazel
Azazel dipercaya sebagai iblis atau roh jahat yang menyebabkan manusia jatuh ke dalam dosa untuk pertama kalinya, hal tersebut dipercaya oleh masyarakat Yahudi kuno.

Karena hal itu, dalam kepercayaan kuno, terdapat ritual persembahan yang melibatkan dua ekor kambing jantan yang merupakan presentasi dari kebaikan dan kejahatan.

Sedangkan dalam pendapat ilmuwan juga ahli sejarah teologi, Azazael berasal ari dua kata Ibrani kuno. Azaz berarti kuat atau lancang sedangkan El berarti Tuhan.

Dan jika digambarkan secara utuh Azazel dapat diartikan sebagai makhluk yang diciptakan kuat dan perkasa.


Baca : 6 Fakta Menarik Gereja Setan, Nomor 5 Ada Ritual Seks Khusus

3. Behemoth
Iblis yang satu ini juga dipercaya dalam kulur bangsa Eropa sejak zaman dulu. Namun, bagi kalangan sejarawan, Bahemoth merupakan makhluk purba yang terkenal buas juga ganas.

Bahemoth disebut-sebut merupakan pemimpin hewan-hewan buas di muka bumi, tak jarang para ilmuwan mencari keberadaanya. Namun dalam kepercayaan kuno, nama iblis yang satu ini dikaitkan dengan kesombongan.


4. Asmodeus
Asmodeus atau Ashmedai digambarkan sebagai salah satu raja iblis yang menguasai dosa yang menjadi salah satu dosa paling mematikan. Iblis ini dikaitkan dengan sifat-sifat nafsu dan kemarahan.


5. Beelzebub
Sebenarnya tidak ada kejelasan yang pasti mengenai sosok iblis ini. Namun dalam bebeapa literatur kuno, Bellzebub digambarkan sebagai iblis keserakahan juga ketamakan.

Dalam demonlogi atau ilmu yang mempelajari tentang iblis, Beelzebub dianggap sebagai salah satu penguasa neraka dengan pengikut terbanyak. Kemampuan iblis ini salah satunya adalah iblis yang pandai menyamar.


6. Abaddon
Sebagian besar orang pecaya bahwa Abaddon merupakan iblis terkuat dibawah kedudukan Lucifer. Bagi yang memercayainya, Abaddon diyakini memerintah sebagian besar wilayah di neraka.

Iblis yang satu ini dikenal dengan Apollyon yang secara harfiah berarti kehancuran dan penderitaan.

7. Leviathan
Dalam mitosnya, iblis ini merupakan makhluk besar yang menguasai lautan. Jika kita mengingat spesies purba, memang ada beragam spesies purba penguasa lautan yang eksis karena masifnya jumlah oksigen di zaman Bumi purba.

Namun kita mengenal spesies-spesies tersebut berbeda penyebutannya. Contohnya adalah naga raksasa dari dalam lautan yang kerap dianggap sebagai mitos oleh para sejarawan.

Leviathan sendiri memiliki kisah yang hampir mirip dengan kisah iblis Bahemoth. Dua iblis ini dikenal sebagai penguasa lautan dan daratan.


8. Lucifer
Lucifer yang biasa kita kenal dengan Satan. Ini merupakan iblis yang tampan dan gagah.

Dalam agama krister, Lucifer merupakan pimpinan tertinggi dari semua iblis.

Dalam Alkitab, nama Lucifer merujuk pada nama Bintang Fajar, dimana dalam bahasa latin adalah Lux ata Lucis yang artinya cahaya, dan Ferre memiliki makna sebagai pembawa.

Sebagian besar orang mempercayai kisah Lucifer yang merupakan salah satu malaikat dari surga. Namun dia didepak dari surga lantaran enggan menghormati Adam, karena dia merasa punya kedudukan yang lebih mulia dari adam.

Dipercaya, Lucifer dibuang dari surga karena sifat kesombongan dan iri hati dari dirinya.*

 

Lihat juga : Simak Berbagai Video Menarik Lainnya Disini