Trending
Sering Mendengar Harbolnas? Begini Sejarahnya

Sering Mendengar Harbolnas? Begini Sejarahnya

Selasa, 09 November 2021 11:50 Eris Kuswara belanja


 

Koropak.co.id - Hari Belanja Online Nasional atau yang lebih dikenal dengan sebutan Harbolnas merupakan sebuah kegiatan tahunan yang diselenggarakan oleh berbagai e-commerce di Indonesia dengan dukungan dari berbagai mitra kerjasamanya.

Meskipun begitu, sebenarnya Harbolnas sendiri sudah ada di sejumlah negara di dunia seperti di Amerika Serikat, Inggris, Kanada, Jerman dan Jepang.

Namun mereka menyebut Harbolnas di negaranya masing-masing dengan istilah Cyber Monday.

Berbicara mengenai sejarah Harbolnas atau Cyber Monday, dulunya istilah itu terinspirasi dari perayaan Black Friday yang ada di Amerika Serikat.

Dalam perayaannya, toko-toko di Amerika Serikat saat itu memberi potongan harga secara besar-besaran.

 

Baca : HERO Umumkan Giant Akan Disulap Jadi IKEA dan HERO Supermarket

Sehingga para pengunjung pun antusias dan tertarik untuk datang ke toko dan rela mengantri untuk membeli produk yang mereka inginkan.

Sementara itu, di Indonesia sendiri, Harbolnas dimulai sejak 12.12.12, yaitu dimulai pada tanggal 12 Desember 2012 lalu.

Adapun yang pertama kali melakukan Harbolnas ini yaitu sebuah Asosiasi Ecommerce Indonesia (IdeA) bersama dengan e-commerce yang bergabung seperti Lazada, Bukalapak, Zalora, Blanja, PinkEmma dan Berrybenka.

Sayangnya, Harbolnas sudah tidak sesakral sebelumnya. Dulu pada saat pertama kali Harbolnas dimulai sejak 2012, promo ini hanya terjadi pada bulan Desember di tanggal 12.

Namun, dengan semakin berkembangnya e-commerce lain, mereka pun justru mengadakan Harbolnas di setiap bulannya di tanggal cantik, seperti 9.9, 10.10, 11.11, dan lainnya.*

 

Lihat juga : Simak Berbagai Video Menarik Lainnya Disini

 

Berita Terkait