Trending
Mengenang Hari Pahlawan, Yuk Jalan-Jalan ke Museum 10 November Surabaya

Mengenang Hari Pahlawan, Yuk Jalan-Jalan ke Museum 10 November Surabaya

Rabu, 10 November 2021 15:41 Eris Kuswara destinasi


 

Koropak.co.id - Surabaya dikenal sebagai Kota Pahlawan. Perjuangan para pemuda, santri, masyarakat dan seluruh rakyat Surabaya tak kenal takut melawan penjajah.

Di kota itu, heroik perjuangan mempertahankan kemerdekaan Indonesia bukan sekadsr retoris. Semua bersatu padu mengusir penjajah meski nyawa jadi taruhannya.

Peristiwa heroik yang tak terlupakan adalah pertempuran pada 10 November 1945. Di tanggal itu, kemudian diperingati sebagai Hari Pahlawan.

Untuk memperingati Hari Pahlawan yang jatuh pada hari ini, Rabu 10 November 2021, kamu bisa berwisata dan mengecek isi Museum 10 November yang ada di Surabaya.

Museum 10 November sendiri dibangun pada 10 November 1991 dengan luas 1.366 meter dan kedalaman 7 meter di bawah permukaan tanah. Tak hanya itu saja, di Kompleks Tugu Pahlawan ini juga sudah telah lebih dahulu dibangun Tugu Pahlawan.

Berdasarkan informasi di laman Bappeko Surabaya, Tugu Pahlawan sendiri didirikan pada 10 November 1951 dan diresmikan pada 10 November 1952 oleh Presiden RI, Ir.Soekarno.

 

Baca : Inilah Sejarah Singkat Peringatan 10 November Sebagai Hari Pahlawan

Tugu ini juga dibangun untuk memperingati peristiwa pertempuran 10 November yang terjadi di Surabaya.

Tugu ini sendiri berada di area tanah seluas 1,3 hektar. Selain tugu, para pengunjung juga bisa melihat-lihat beberapa ruangan yang akan menceritakan tentang perjuangan para pahlawan.

Untuk fasilitas yang ada di areal museum 10 November meliputi Ruang Diorama Elektronik, Ruang Auditorium, Ruang Perpustakaan, Ruang Diorama, Ruang Kidzone dan Laktasi, Musalla, serta lapangan yang bisa digunakan untuk bersantai oleh para pengunjung.

Jika kalian ingin datang ke Museum 10 November dan melihat Tugu Pahlawan, maka kamu bisa datang ke Jalan Pahlawan, Alun-alun Contong, Kecamatan Bubutan, Kota Surabaya.

Museum ini buka mulai Senin sampai Jumat pada pukul 08.00 hingga 16.00 WIB, dan Sabtu serta Minggu pada pukul 07.00 hingga 15.00 WIB.

Untuk masuk ke museum tersebut, kamu hanya perlu membayar uang tiket Rp 5.000. Namun untuk pelajar dan mahasiswa yang membawa kartu tanda mahasiswa tidak dipungut biaya alias gratis.*

 

Lihat juga : Simak Berbagai Video Menarik Lainnya Disini