Trending
Curug Cipinaha Kabupaten Tasikmalaya, Begini Kondisinya

Curug Cipinaha Kabupaten Tasikmalaya, Begini Kondisinya

Senin, 15 November 2021 11:17 Cepy RN destinasi


 

Koropak.co.id - Kabupaten Tasikmalaya luasnya 2.709 km persegi. Boleh disebut, daerah ini surganya destinasi wisata. Dengan catatan: jika dikelola profesional.

Lihatlah potensi yang satu ini. Curug Luhur Cipinaha. Berada di Dusun Cipinaha, Desa Malatisuka, Kecamatan Gunung Tanjung, Kabupaten Tasikmalaya.

Destinasi wisata ini punya eksotisme keindahan alam yang sangat memesona. Cipratan air terjun yang berasal dari hulu Sungai Tanjungsari Salopa menjadikan curug ini layak jadi pilihan berlibur yang menenangkan.

Udara yang sejuk, pemandangan hijau dan suasana yang masih asri. Juga air jernih yang mengalir di antara sungai ini akan menenangkan jiwa orang-orang yang jenuh dengan hiruk pikuk kota.

Namun sayang, keindahannya saat ini mulai memudar. Seiring dengan tidak dikelola dengan baiknya lokasi tersebut.

Padahal dulu sudah tersedia tempat parkir, warung, mushola, akses yang cukup mudah. Terlihat beberapa wisatawan yang datang kesulitan menuju akses wisata, juga kesulitan untuk berteduh saat hujan tiba dilokasi tersebut.

Saat ini, akses ke lokasi sedikit sulit dengan banyaknya ilalang. Jalan menuju lokasi menjadi tidak nyaman bagi yang belum terbiasa menjelajah alam.

Jalan setapak dengan salah satu sisinya jurang yang curam akan sangat mengancam jika tidak dibenahi dengan baik. Kondisi ini makin lengkap tidak terawat saat melihat fasilitas saung-saung atau gazebo.

Jembatan yang ada di lokasi, sudah mulai rapuh. Saat ini tidak bisa diakses. Berbahaya jika melalui jembatan ini.

Yopi, salah seorang pengunjung juga pengusaha travel yang dijumpai koropak menyebutkan dukungannya terhadap wisata Alam Curug Cipinaha.

 

Baca : Ini Jurus Pengelola Wisata Alam Gunung Galunggung Menyambut Hari Pariwisata Sedunia

Ia memiliki harapan sinergitas antara pengelola, pemerintah desa dan dinas terkait untuk membangun serta mengembangkan potensi di desa Malatisuka.

"Ini wajib dikembangkan yah ini sangat luar biasa, saya kesini sekalian survey ingin bikin paket wisata di Tasikmalaya. Dilihat kan curugnya juga bagus sekali ya, potensi yang luar biasa," katanya.

Ia pun berpesan kepada pemerintah desa, pemerintah kabupaten Tasikmalaya, juga Dinas Disporabudpar supaya potensi wisata alam ini lebih diperhatikan lagi, sehingga bisa mengembangkan desa juga meningkatkan perekonomian masyarakat disekitar curug Cipinaha.

Sementara Ketua Karang Taruna Desa Malatisuka, Suhendar, saat berbincang dengan Koropak akhir pekan kemarin di Kawasan Wisata alam Curug Cipinaha, menjelaskan bahwa sebenarnya peminat wisata ke tempat itu banyak.

"Tapi fasilitasnya kekurangan. Semacam gazebo-gazebo, jembatan, tadinya mau dibikin bendungan niatnya, tapi belum kesampaian," kata Suhendar.

Ia mengatakan ,meskipun dengan fasilitas yang belum memadai tapi pengunjung terus berdatangan dari luar kota dan beberapa daerah di Jawa Barat.

"Dari luar kota, dari Bogor juga ada, dari Jakarta kalau pas hari weekend suka ada juga," katanya.

Dengan potensi tersebut, Curug Cipinaha ini memiliki kolam alami sebanyak 5 kolam berdiameter yang bervariasi.

Pemerintah Desa Malatisuka sebelumnya sudah berusaha membangkitkan perekonomian dengan potensi yang ada, namun dengan pengelolaan yang kurang baik, membuat wisata alam Curug Cipinaha ini terbengkalai.

Kendati demikian, dirinya berharap ada perhatian anggaran khusus ke depannya dari pemerintah agar pengelolaan objek wisata ini bisa maksimal.*

 

Lihat juga : Simak Berbagai Video Menarik Lainnya Disini