Trending
KPGBS Gelar Pelatihan Survival Dasar

KPGBS Gelar Pelatihan Survival Dasar

Minggu, 18 Maret 2018 11:47 Eris Kuswara Komunitas


Kuatkan Mentalitas Pendaki Gunung

Koropak.co.id - Gunung Bongkok menjadi "Kawah Candradimuka" bagi para anggota Komunitas Pendaki Gunung Balad Soekarno (KPGBS). Komunitas yang bermarkas di Perum Sirnagallih Kencana Blok E Nomor 42 Indhiang Kota Tasikmalaya ini, melakukan kegiatan pelatihan dasar survival guna meningkatkan mentalitas anggota, yang dilangsungkan pada Sabtu (17/3/2018) sampai Minggu (18/3/2018).

Pelatihan survival dasar ini diikuti oleh 30 orang peserta. Mereka mempraktekan materi survival dasar meliputi botani praktis, bivak dan perapian. Adanya kegiatan tersebut diharapkan dapat menjadi pembekalan materi teknis bagi para pendaki gunung dalam menghadapi keadaan sulit saat bermain di alam bebas.

 

KPGBS Gelar Pelatihan Survial Dasar

 

Baca : Lima Tahun KPGBS Indonesia

Pengetahuan survival dasar ini penting bagi para pendaki, khususnya para pendaki pemula yang ingin memulai petualangannya di alam bebas. Kondisi alam yang tak dapat ditebak saat mendaki gunung bisa membuat pendaki terjebak dalam situasi sulit dan berbahaya hingga tersesat dan menyebabkan kematian.

Kondisi tersebut bisa menimpa siapa saja dan dapat menimbulkan kesan negatif di mata masyarakat. Tidak sedikit berita yang menayangkan kasus hilang dan tewasnya para pendaki gunung. Maka materi survival dasar ini sangat perlu dimiliki oleh para pendaki gunung.

Komandan KPGBS, Drs. Akuh S.Pd. M.Pd mengatakan penyebab tersesatnya pendaki di alam bebas salah satunya adalah karena minimnya ilmu yang dimiliki, mereka kebanyakan hanya mengandalakan informasi dari internet tanpa praktek.

"Pelatihan survival dasar ini akan membuat mental seseorang menjadi mental orang yang berani dan berjiwa besar, tetap tetang dalam mengatasi situasi sulit, juga diharapkan menjadi orang yang memiliki makna dan arti bagi bangsa dan negara, serta memberikan pengaruh yang positif bagi lingkungan sekitarnya," ujarnya.

 

KPGBS Gelar Pelatihan Survial Dasar

 

Baca pula : KPGBS Indonesia Ekspedisi Ke Puncak Tertinggi NTB

Akuh berharap, para pendaki, khususnya KPGBS sebagai warga Indonesia, dapat memberikan makna bagi negara dan bangsa, sehingga dapat memberikan sumbangsih untuk kemajuan bangsa Indonesia.

"Berikanlah seluruh tenaga dan pikiranmu untuk kemajuan bangsa dan negara ini, tanpa mengutamakan pemikiran apa yang bangsa berikan kepada dirimu," ucapnya.

Selain pelatihan survival dasar, pada kegiatan tersebut digelar pula operasi bersih gunung Bongkok dan penyematan slayer keanggotaan KPGBS.

Berita Terkait

Abah Bongkeng Berbagi Wawasan

Abah Bongkeng Berbagi Wawasan

Komunitas Pendaki Gunung Balad Soekarno (KPGBS) Indonesia menggelar acara silaturahmi…

19 November 2018 16:33:33